Polri Tangkap Pria di Madiun Diduga terkait Hacker Bjorka

Reporter: Adi Briantika, tirto.id - 15 Sep 2022 14:46 WIB
Sebelumnya, seorang remaja di Cirebon, Jawa Barat, Muhammad Said Fikriansyah (17), juga dituduh sebagai Bjorka.
tirto.id - Polri menangkap MAH, seseorang pria yang diduga sebagai hacker Bjorka, di Dagangan, Madiun, Jawa Timur, Rabu, 14 September 2022. Saat ini tim khusus masih memeriksa intensif yang bersankutan guna membuat terang perkara.

"Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim (Satuan Tugas) masih bekerja,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kamis, 15 September.

Polri pun belum bisa menyimpulkan bila MAH adalah hacker Bjorka. "Belum disimpulkan seperti itu karena masih didalami Timsus. Saya tidak berkompeten menjelaskan sebelum timsus selesai bekerja,” sambung Dedi.

Peretas yang menamakan diri Bjorka membuat heboh media sosial belakangan ini. Melalui grup telegram dan akun medsosnya, Bjorka mengklaim telah meretas surat-menyurat milik Presiden Jokowi, termasuk surat dari Badan Intelijen Negara, dan 1,3 miliar data registrasi kartu SIM.

Sebelum MAH, seorang remaja di Cirebon, Jawa Barat, Muhammad Said Fikriansyah (17), juga dituduh sebagai Bjorka. Lantaran akun Instagram volt_anonym menudingnya sebagai si peretas. Said pun mengklarifikasi hal tersebut.

"Saya bukan Bjorka, bukan peretas. Sekarang ini masih kejar paket C, baru 2 bulan. Mengedit video buat asah keahlian," aku dia.



Baca juga artikel terkait HACKER BJORKA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight