Pandemi COVID-19

Polri Siapkan 13.500 Nakes & 40.336 Bhabinkamtibmas untuk Vaksinasi

Oleh: Adi Briantika - 11 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Polri menyiagakan 13.500 tenaga kesehatan, 900 orang di antaranya telah dilatih menjadi vaksinator oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan.
tirto.id - Apel serentak Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Polri berlangsung di Polda Metro Jaya, Kamis (11/2/2021). Mereka akan ditugaskan sebagai penelusur dan vaksinator COVID-19.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan kondisi pandemi Corona masih meningkat secara nasional, maka Polri mendukung program penanganan COVID-19 seperti vaksinasi nasional berbarengan dengan konsistensi penegakan disiplin protokol kesehatan.

Berdasarkan data yang ia terima, Indonesia telah memiliki 19,5 juta vaksin yang didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten/kota.

"Oleh karena itu saya perintahkan kepada seluruh jajaran Polri untuk terus mengawal dan pengamanan, baik pendistribusian, penyimpanan, maupun saat vaksin diberikan kepada masyarakat Indonesia" ujar Sigit.

Hal ini sesuai dengan penekanan dia pada program prioritas Kapolri melalui transformasi operasional, yaitu pemantapan dukungan Polri dalam penanganan COVID-19 yang diimplementasikan dalam pengerahan seluruh sumber daya Polri dalam membantu pemerintah menangani Corona dan pemberian vaksinasi nasional.

Kini Polri menyiagakan 13.500 tenaga kesehatan, 900 orang di antaranya telah dilatih menjadi vaksinator oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Sementara 12.600 personel lainnya akan diberikan pelatihan serupa dalam waktu dekat.

"Polri juga menyiapkan 40.336 personel Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah Indonesia, yang disiapkan sebagai tracer. Sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19," jelas Sigit.

Para vaksinator dan tim penelusur Polri ini disiagakan guna membantu tenaga kesehatan, khususnya pemberian vaksin kepada anggota Polri dan masyarakat.

Sigit berpesan, ketika pelaksanaan kegiatan mereka harus bersinergi dengan seluruh Babinsa dan Dinas Kesehatan di wilayah masing-masing.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Abdul Aziz
DarkLight