Hari Buruh 2018

Polri Sebut Peringatan May Day di Jakarta Berjalan Aman

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 1 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengklaim, peringatan hari buruh di Jakarta berlangsung aman dan kondusif.
tirto.id - Peringatan Hari Buruh Internasional 2018 atau May Day di Jakarta berlangsung aman dan tertib. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto.

"Alhamdulillah May Day masih berlangsung kondusif, saya ucapkan terima kasih pada rekan-rekan buruh yang sudah melaksanakan aksi dengan tertib," kata Irjen Setyo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/5/2018).

Jumlah personel Polri yang dikerahkan dalam menjaga keamanan peringatan May Day di Jakarta sebanyak 20 ribu orang. Selain itu Polri juga menyiapkan anggota cadangan yang disiagakan bila suatu saat diperlukan.

"Kami masih punya anggota-anggota yang stand by," kata Setyo.

Dia berharap suasana kondusif tetap terjaga hingga berakhirnya aksi pukul 18.00 petang.

"Kami harap semuanya berjalan lancar, aman, tertib. Harapannya sebelum itu (pukul 18.00) sudah selesai. Ikan sepat, ikan gabus, lebih cepat (aksi selesai) lebih bagus," kata Setyo.

Massa dari kelompok buruh yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sejak Selasa pagi telah berkumpul di persimpangan Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Selanjutnya mereka bergerak menuju Jalan Medan Merdeka Utara untuk menyampaikan aspirasi buruh di depan Istana.

Kemudian siang hingga sore, aksi juga dilaksanakan di Istora Senayan dengan agenda deklarasi calon presiden versi KSPI dan di depan Gedung DPR MPR RI.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengklaim, Aksi damai buruh yang dilakukan organisasinya pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), Selasa (1/5/2018) pagi, dilakukan di 25 provinsi dan 200 kabupaten/kota.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (1/5/2018), Said memprediksi aksi damai hari buruh akan diikuti sekitar satu juta buruh di 25 provinsi dan 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Said Iqbal mencontohkan, aksi May Day secara serempak dilakukan di seluruh Indonesia seperti Surabaya dengan 50 ribu buruh se-Jawa Timur (Jatim) di depan kantor Gubernur Jatim, 15 ribu buruh se-Jawa Tengah (Jateng) di depan kantor Gubernur Jateng, 15 ribu buruh se-Kepulauan Riau di depan kantor Wali Kota Batam, 2 ribu buruh di Aceh, 10 ribu buruh di Sumut, serta ribuan buruh di Jawa Barat.


Baca juga artikel terkait HARI BURUH atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo