Polri Klaim Tak Ada Korban Jiwa di Kerusuhan Sorong Papua

Oleh: Riyan Setiawan - 27 November 2019
Mabes Polri membenarkan terjadi kerusuhan di Distrik Sorong, Kelurahan Klademak, Kota Sorong, Papua, pada Selasa, (26/11/2019).
tirto.id - Mabes Polri membenarkan terjadi kerusuhan di Distrik Sorong, Kelurahan Klademak, Kota Sorong, Papua, pada Selasa (26/11/2019).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, akibat kerusuhan tersebut, terjadi kebakaran di Sorong, Papua.

"Saat ini penyidik Polda Papua sedang melakukan penyelidikan terhadap insiden [kerusuhan di Sorong] tersebut," kata dia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019).

Namun, ia tak merinci terkait jumlah lokasi dan bangunan yang terbakar atas kerusuhan di Sorong Papua itu.

Asep mengatakan pihaknya bersama Polda Papua saat ini masih menyelidiki dengan melakukan pengolahan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa beberapa saksi terkait penyebab kerusuhan tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sejumlah saksi dan olah TKP, dirinya mengklaim tidak ada korban jiwa atas kericuhan itu.

"Sampai hari ini kami masih melakukan penyelidikan. Diperiksa saksi-saksi dan menurut info sampai saat ini tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

Padahal beredar kabar satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) David Nauw dan satu orang yang bertugas di Bapedda Papua Barat tewas dan sembilan rumah hangus terbakar akibat kerusuhan tersebut.


Baca juga artikel terkait KONFLIK PAPUA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri
DarkLight