Polres Jakpus Belum Mengetahui Rencana Demo Komnas HAM Besok

Oleh: Alfian Putra Abdi - 27 Juni 2019
FPI akan melaporkan kasus sembilan orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam kerusuhan di Jakarta 21-22 Mei lalu ke Komnas HAM besok.
tirto.id - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan merespons seruan massa aksi yang akan bergerak melanjutkan demonstrasi ke Komnas HAM pada Jumat (28/6/2019) besok.

"Kita lihat situasi dan perkembangan di lapangan bagaimana," ujarnya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Ia mengaku masih menunggu laporan dari atasannya, apakah demonstrasi besok sudah mendapatkan perizinan atau belum.

"Nanti malam juga akan ada yang berkoordinasi dengan direktorat intelijen. Terkait masalah perizinin. Kami di lapangan menerima dari yang memberi izin tersebut dari intel polda. Jadi belum ada pemberitahun untuk aksi besok," ujarnya.

Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shobri Lubis mengatakan akan melaporkan kasus itu ke Komnas HAM besok. Laporan ini terkait sembilan orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam kerusuhan di Jakarta 21-22 Mei lalu.

"Kami laporkan korban kerusuhan saat 21-22 Mei ke Komnas HAM," katanya di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Kamis (27/6/2019).

Sebelumnya, ia telah menyampaikan itu di hadapan massa aksi demo di Mahkamah Konstitusi. Ia mengajak massa aksi untuk ikut menggeruduk Komnas HAM untuk melaporkan kasus ini selepas salat Jumat.

Menurutnya, harus ada penjelasan atas tewas dan terbukanya puluhan orang dalam kejadian tersebut.


Baca juga artikel terkait HARD NEWS atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight