Politikus PDIP Sebut Banyak Menteri Salah Tempat di Kabinet Jokowi

Oleh: Alfian Putra Abdi - 8 Februari 2020
Politisi PDI-P sebut banyak menteri yang salah tempat di kabinet jokowi-maruf.
tirto.id -
Politikus PDIP Effendi Muara Sakti Simbolon mengkritik 100 hari kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Menurutnya banyak menteri yang tidak sinkron antara kapabilitas dan tupoksi kementeriannya.

"Kita lihat susunan kabinetnya bukan tidak dream team juga. Lagi-lagi ada political appointee, ada contractor appointee, ada orang-orang yang tidak ada urusannya tapi posisinya di situ. [Contoh] Banyaklah. Yang kita ingin kejar ke satu titik tapi di pasang awaknya yang menurut saya yang bukan posisinya," ujarnya di Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020).

Namun demikian Ia tidak berkenan memberikan contoh lugas kementerian mana yang dipimpin oleh figur yang tidak tepat.

Ia hanya menyebutkan ada figur yang berlatar belakang dokter menjadi ahli mesin. Sebaliknya, ahli mesin menjadi dokter bedah.
"Kita kalau mau contohnya, hampir semuanya begitu [...] kenapa Pak Jokowi masih mengambil resiko bahwa di the last lapnya dia, dengan heritage atau warisan yang nantinya kepada pemimpin berikutnya, dia masih tetap mentolerir ini. Poin kita dalam rangka memberikan koreksi untuk perbaikan siapa, perbaikan kitalah. Bukan hanya perbaikan kabinet Jokowi kok," ujarnya.
Padahal menurutnya Jokowi pada masa periode kedua ini, memiliki keunggulan berupa stabilitas politik. Namun poin itu, kata Effendi, tidak dimanfaatkan Jokowi dalam merumuskan kabinetnya.
Stabilitas politik yang dimaksud Effendi adalah buah dari gerak lalu Jokowi bersafari secara masif ke lawan-lawan politik. Hingga membikin rival dalam pemilunya merapatkan barisan dalam kabinet kerjanya.
"Pemerintah sekarang ini nantinya akan sangat baik. Karena ditopang oleh terciptanya stabilitas politik. Yang saya puji dari pemerintahan Jokowi ini adalah terciptanya stabilitas politik," tandasnya.


Baca juga artikel terkait KABINET INDONESIA MAJU atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Hendra Friana
DarkLight