Polisi Tangkap Penipu Tiket Upacara Penutupan Asian Games 2018

Oleh: Adi Briantika - 4 Oktober 2018
“Tersangka menawarkan tiket upacara penutupan Asian Games melalui Instagram, dengan akun airasiafinal.id,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo.
tirto.id - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap William Sanjaya, pelaku penipuan tiket upacara penutupan Asian Games 2018. Ia menjual tiket tersebut melalui Instagram.

“Tersangka menawarkan tiket upacara penutupan Asian Games melalui Instagram, dengan akun airasiafinal.id,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Pria 31 tahun itu ditangkap pada Rabu (3/10) sekitar pukul 15.00 WIB di Jalan Karimata, Jember, Jawa Timur.

Penangkapan ini bermula ketika pelapor atas nama Tiara dan 23 rekannya merasa ditipu pelaku sebab mereka telah mentransfer uang DP tiket pada 1 September dan dijanjikan akan diberikan pada saat hari upacara penutupan.

“Namun pada saat hari H, tersangka tidak bisa dihubungi dan tiket tidak dikirim. Sehingga korban merasa dirugikan,” ucap Argo. Nomor laporan Tiara ialah LP/4688/IX/2018/PMJ/Dit Reskrimsus bertanggal 4 September 2018.

Dari penipuan ini, kerugian mencapai Rp53 juta. Polisi juga menyita barang bukti pelapor yakni satu lembar struk pengiriman uang ke rekening tersangka dan barang bukti dari tangan tersangka yaitu dua buah telepon seluler dan satu buah KTP.

Pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 28 ayat (1) juncto Pasal 45A ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Yantina Debora