Polisi Pasang Kamera Badan untuk Cegah Anggota Terlibat Pungli

Oleh: Alfian Putra Abdi - 15 Oktober 2019
Kamera itu diperuntukkan sebagai perekam kegiatan para anggota dengan pengemudi yang melakukan pelanggaran.
tirto.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berupaya memberantas pungutan liar atau pungli yang dilakukan para anggotanya di lapangan. Salah satu upaya yang dilakukan setiap polisi lalu lintas akan dilengkapi dengan kamera pengawas yang menempel pada saku seragam mereka.

“Tujuannya untuk melihat kegiatan dan tindakan di lapangan dalam pengawasan," ujar Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir saat dikonfirmasi, Selasa (15/10/2019).

Nasir mengatakan nantinya kamera itu akan diperuntukkan sebagai perekam kegiatan para anggota dengan para pengemudi yang melakukan pelanggaran.

Kamera yang diberi nama body cam tersebut juga akan digunakan untuk menindak para pengemudi yang melanggar lalu lintas.

"Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office," ujar dia.

Tidak hanya itu, body cam juga berfungsi sebagai bala bantuan. Nasir mengatakan, apabila petugas di satu titik membutuhkan tambahan pasukan. Ia cukup menekan tombol darurat saja.

Sementara itu, Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman menambahkan, penggunaan body cam akan diutamakan bagi petugas yang bekerja di dalam tol. Melihat maraknya tindak kejahatan di sana.

"Jalan tol ini kan sarana lalu lintas sesekali ada berbagai kasus pidana, pelanggaran hukum," ujarnya saat dikonfirmasi terpisah.


Baca juga artikel terkait PUNGLI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight