Polisi Mulai Vaksinasi Lansia di Jakarta 10 April 2021

Oleh: Adi Briantika - 5 April 2021
Polda Metro Jaya akan memvaksinasi warga di Jakarta dan sekitarnya yang masuk program pendampingan Kampung Tangguh Jaya.
tirto.id - Polda Metro Jaya, Palang Merah Indonesia dan Kementerian Kesehatan berencana menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat. Kegiatan itu akan digelar pada Sabtu (10/4) untuk warga yang berada di kampung yang jadi pendampingan kepolisian.

"Polda Metro Jaya akan mengadakan vaksinasi massal, drivethru vaksinasi, berbasis Kampung Tangguh Jaya. Pelaksanaan pada Sabtu nanti. Sasarannya lansia dan para pelayan publik seperti penjaga mal, ojek daring," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (5/4/2021).

Untuk teknis vaksinasi melibatkan masing-masing markas kepolisian resor yang mendampingi tujuh Kampung Tangguh Jaya. Vaksinasi akan diberikan kepada 100 warga kampung tersebut.

Yusri melanjutkan, para lansia menjadi target kegiatan karena hingga hari ini baru 7,79 persen lansia yang baru mendapatkan vaksin di seluruh Indonesia.

"Program ini akan berjalan enam bulan. Ditargetkan enam bulan nanti bisa membantu pemerintah percepatan vaksinasi kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta," imbuh Yusri.

Dalam hal ini polisi menargetkan seluruh Kampung Tangguh Jaya menjadi sasaran penerima vaksinasi nasional.

Program Kampung Tangguh Jaya ini bertujuan untuk menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Komunitas warga dari tingkat RT dan RW pun dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Selain itu, program ini juga berupaya memulihkan ekonomi maupun ketahanan pangan penduduk setempat.

Keterlibatan polisi dalam vaksinasni sebelumnya telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Karena keterbatasan tenaga vaksinator, polisi juga dilibatkan. Polri saat ini juga telah selesai melatih 900 personel untuk jadi vaksinator COVID-19.


Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali
DarkLight