Polisi Lakukan Langkah Preventif di Papua Jelang HUT OPM

Oleh: Riyan Setiawan - 22 November 2019
Langkah preventif yang akan dilakukan Polri bersama TNI adalah dengan melakukan pendekatan dan membangun komunikasi secara intensif dengan masyarakat Papua.
tirto.id -
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengatakan bersama TNI akan melakukan langkah preventif menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada Minggu 1 Desember 2019.

Karopenmas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menerangkan, langkah preventif yang akan pihaknya lakukan bersama TNI seperti melakukan pendekatan dan membangun komunikasi secara intensif dengan masyarakat Papua.

"Kami menggelorakan bahwa Papua adalah bagian dari NKRI kepada masyarakat di sana. Supaya nanti bisa menambah penguatan bagi masyarakat Papua dan dibantu oleh TNI-Polri untuk meyakinkan Papua adalah bagian dari negara kita," kata dia saat di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

Argo mengatakan saat ini Polri telah mengirimkan tim intelijen ke lapangan untuk melakukan pemetaan dan kajian terkait daerah yang berpotensi konflik di Papua.

"Seperti apa kerawanannya, daerah mana, apa kerawanannya. Kerawanannya seperti apa masih diindentifikasi oleh intelejen," ucapnya.

Argo menerangkan sementara ini masih Polda Papua dan Papua Barat yang akan melakukan pengamanan di daerah tersebut.

Namun jika dirasa pengamanannya kurang kata Argo, tak menutup kemungkinan juga akan meminta personel tambahan dari Mabes Polri.

"Tapi kalau nanti personelnya cukup dengan tindakan preventif yang dilakukan [TNI-Polri], tentu nanti dari Polda Papua dan polda-polda samping saja [melakukan pengamanan]. Semuanya situasional dan nanti Polda Papua sendiri yang akan merespons cukup atau tidaknya," terangnya.


Baca juga artikel terkait HUT OPM atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight