Polisi: Eks Kapolres Purworejo Sebut Zikir Ajakan Perang Video Lama

Reporter: Adi Briantika, tirto.id - 15 Feb 2022 10:19 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cuplikan video eks Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito menyebut zikir hasbunallah wani'mal wakil digunakan untuk ajakan perang viral di media sosial.
tirto.id - Polda Jawa Tengah mengklarifikasi video berisi cuplikan wawancara reporter TV swasta nasional dengan eks Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito yang viral di media sosial. Rizal menyebut zikir hasbunallah wani'mal wakil biasanya digunakan untuk perang.

"Video itu adalah cuplikan wawancara Kapolres Purworejo lama (AKBP Rizal Marito) pada Mei 2021. Sengaja diviralkan kembali untuk membuat situasi di Wadas tidak kondusif," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Selasa (15/2/2022).

Iqbal menduga twit itu diunggah oleh orang yang sengaja memperkeruh keadaan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo. Posisi Kapolres Purworejo kini diemban oleh AKBP Fahrurrozi sejak 12 Agustus 2021.

Iqbal mengatakan narasi dalam informasi yang viral itu seolah-olah disampaikan oleh Kapolres Purworejo saat ini.

“Itu adalah salah informasi. Dalam cuplikan video itu, Reporter TV One melakukan wawancara dengan Rizal Marito sekitar sembilan bulan lalu, mengapa baru diviralkan sekarang?" sambung dia.

Iqbal mengingatkan agar publik jeli dalam mencerna dan membagikan informasi.

"Masyarakat jangan sampai terjebak pembingkaian negatif yang diciptakan pihak yang tidak bertanggung jawab," kata dia.

Salah satu akun Twitter sempat mengunggah potongan video lawas Rizal Marito. Akun Twitter itu menulis “Saya Belum paham apa yg dimaksud oleh orang ini, dzikir hasbunallah wani'mal wakil di anggap mau melaksanakan perang....”

Berdasar penelusuran reporter Tirto, wawancara Rizal Marito ditayangkan di akun Youtube tvOneNews pada 3 Mei 2021. Video berdurasi 7 menit 53 detik itu berjudul ‘Penuturan Pihak Kepolisian Soal Ricuh di Tambang Batu Desa Wadas'.


Baca juga artikel terkait KONFLIK WADAS DENGAN POLISI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight