Polisi Barcelona dan Demonstran Pro-Kemerdekaan Catalunya Bentrok

Oleh: Yantina Debora - 16 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bentrokan antara Polisi Barcelona dan pengunjuk rasa pro-keemrdekaan Catalunya.
tirto.id - Polisi Barcelona terlibat bentrok dengan pemrotes pro-kemerdekaan Catalunya di malam kedua aksi protes soal hukuman penjara bagi pemimpin separatis.

Dikutip dari Aljazeera, sembilam politisi ditangkap karena berperan dalam upaya untuk kemerdekaan Catalunya dari Spanyol. Mereka disebut terlibat dalam menyelenggarakan referendum kemerdekaan pada Oktober 2017.

Keterlibatan dalam referendum dan aksi para sembilan politisi itu dianggap ilegal. Sembilan politisi pun dinyatakan bersalah pada sidang Senin (14/10/2019) dan dijatuhi hukuman sembilan hingga 13 tahun penjara.

Keputusan pengadilan itu tak menyurutkan semangat para kelompok separatis untuk memisahkan diri dari Spanyol. Usai dijatuhi hukuman, sembilan politisi itu berjanji untuk terus mendorong adanya referendum dan mengatakan hukuman penjara itu malah memperkuat gerakan merekan untuk meisahkan diri dari Spayol.

Selain sembilan politisi yang telah dijatuhi hukuman penjara itu, terdapat tiga politis lainnya yang juga ditangkap terkait referendum Catalunya itu. Namun belum ada keputusan pengadilan terkait tiga politisi tersebut, dikutip dari Express.

Menanggapi keputusan pengadilan itu, pada Selasa (15/10/2019), ribuan warga pro-kemerdekaan menggelar unjuk rasa. Beberapa pemrotes di barcelona melempar kaleng dan flare ke aras polisis anti huru rara.

Demonstran juga membakar kardus dan sampah di beberapa kota bagian. Mereka juga menendang pagar pengaman yang didirikan di sekitar markas pemerintah Spanyol di Barcelona.

Selain itu, Demonstran juga memblokir jalan raya dan stasiun kereta api sehingga berujung bentrok dengan polisi setempat.

Di tempat lain, pengunjuk rasa menyalakan lilin dan meneriakkan "Kebebasan bagi tahanan politik" dalam sebuah demonstrasi yang diselenggarakan oleh Omnium Cultural Organisation.

Organisasi itu dipimpin oleh Jordi Cuixart yang menajdi salah satu politikus yang dipenjara.

Dikutip dari Express, data layanan darurat regional SEM, sebanyak 75 orang dirawat karena cedera di bandara.

Protes juga memicu pembatalan penerbangan, dengan operator bandara Spanyol, AENA, melaporkan setidaknya 108 penerbangan dibatalkan.

Apakah aman melakukan perjalanan ke Barcelona? Peringatan dari Foreign Commonwealth Office menyatakan bahwa ada kemungkinan lebih banyak protes, dan bagi para pelancong diminta berhati-hati.

Pernyataan tentang kerusuhan tersebut berbunyi: “Telah ada pertemuan besar orang-orang di Barcelona dan daerah lain di wilayah Catalunya sehubungan dengan perkembangan politik di sana.

"Pertemuan dan demonstrasi lebih lanjut kemungkinan akan terjadi. Anda harus berhati-hati di sekitar demonstrasi karena mungkin terjadi dengan sedikit atau tanpa peringatan.

"Demonstrasi yang dimaksudkan untuk damai tetapi dapat meningkat dan menjadi konfrontatif. Demonstrasi dapat menyebabkan gangguan transportasi termasuk akses ke bandara, jalan dan sistem kereta api dan metro."

"Barcelona Tourism telah meluncurkan saluran telepon untuk para wisatawan yang ketinggalan penerbangan atau tidak dapat menghubungi +34 93 285 3834.

"Anda juga dapat memeriksa @emergenciescat untuk mengetahui pembaruan terkini tentang gangguan perjalanan."


Baca juga artikel terkait BARCELONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight