Polda Metro Siapkan Skenario Arus Balik Libur Idul Adha

Oleh: Riyan Setiawan - 2 Agustus 2020
Sistem contraflow akan diberlakukan di Tol Cikampek arah Jakarta bila lalu lintas padat pada Minggu (2/8/2020) sore hari.
tirto.id - Polda Metro Jaya telah menyiapkan beberapa skenario arus balik libur Idul Adha yang diperkirakan akan terjadi Minggu (2/8/2020) sore nanti.

Sejak Kamis 30 Juli kemarin hingga hari ini, tercatat kurang lebih sebanyak 300.000 kendaraan yang telah meninggalkan Jakarta. Sebanyak 160.000 pergi ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dihitung dari Gerbang Tol Cikampek Utama. Kemudian terdapat 140.000 yang menuju Bandung dan Jawa Barat yang dihitung dari Tol Kalirukutama.

"Diperkirakan minggu sore ini mereka akan kembali dan beberapa titik yang menjadi perhatian adalah pertemuan jalur arah Bandung dan jalur dari arah Cikampek di km 62. Kemudian, beberapa rest area di kiri jalur yang menuju arah Jakarta," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di kawasan Bundaran HI, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2020).

Salah satu skenario yang akan diterapkan guna mengurai kemacetan adalah sistem contraflow. Sambodo mengatakan sistem contraflow akan diberlakukan mulai dari kilometer 65 sampai 47 Tol Jakarta-Cikampek. Apabila tidak berpengaruh, petugas akan memperpanjangnya sampai kilometer 28.

"Kalau memang situasi membutuhkan, bisa saja kami akan melaksanakan one way, mulai dari Jawa Tengah sampai masuk Jakarta," ucapnya.

Sambodo mengklaim pihaknya telah menyiapkan beberapa pos untuk melakukan simulasi arus balik Idul Adha. Termasuk juga meminta pengelola jalan tol untuk mengadakan mobile reader di gerbang tol.

"Jadi yang bayar kartu tidak harus menunggu di gerbang. Mudah-mudahan ini bisa menolong dan arus balik ini bisa berjalan lancar, tidak ada halangan," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight