Polda Metro Jaya Perketat Keamanan di Tiga Titik Lokasi Asian Games

Oleh: Adi Briantika - 13 Agustus 2018
Hotel tempat atlet menginap, stadion pertandingan, dan perjalanan para atlet dari hotel ke stadion akan menjadi fokus pengamanan dari kepolisian.
tirto.id - Asian Games tahun ini akan dimulai lima hari mendatang. Polda Metro Jaya mengetatkan pengamanan di tiga titik yang menjadi lokasi penyelenggaraan perhelatan olahraga tersebut.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi menyatakan hotel tempat atlet menginap, stadion pertandingan, dan perjalanan para atlet dari hotel ke stadion akan menjadi fokus pengamanan dari kepolisian.

“Lokasi pertama yang akan kami amankan yaitu hotel atlet di Kemayoran, lalu stadion di lebih dari delapan lokasi, serta mengamankan perjalanan para atlet dari hotel ke stadion pertandingan," kata Purwadi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Kepolisian, lanjut dia, berharap agar masyarakat dapat bekerja sama dengan pihaknya terkait rute perjalanan para atlet dan ofisial karena ada waktu tempuh perjalanan yang harus dipenuhi. Hal ini berkaitan dengan penerapan sistem ganjil-genap di jalan sekitar area pertandingan.

“Kita harus bisa menjamin tercapainya [perjalanan] dengan waktu yang telah ditentukan. Tapi, tanpa kerjasama masyarakat Polri tidak bisa berbuat banyak," ujar Purwadi.

Operasi pengamanan Asian Games 2018 disebut ‘Among Raga’. Polri menggandeng TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama mengamankan acara tersebut.

Operasi akan berlangsung mulai 18 Agustus hingga 2 September dengan mengerahkan lebih dari 36 ribu personel TNI-Polri. Kepolisian juga telah mengadakan simulasi penanganan jika terjadi ancaman pada saat Asian Games berlangsung. Salah satu ancaman yang diantisipasi oleh aparat ialah terorisme.





Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri
DarkLight