Polda Metro Jaya Jamin Keamanan Rumah Warga yang Ditinggal Mudik

Penulis: - 1 Mei 2022 08:53 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fadil ingin personel gabungan masuk ke pelosok gang demi menjaga keamanan rumah warga yang ditinggal mudik.
tirto.id - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan anak buahnya mewaspadai aksi pencurian di rumah warga yang ditinggalkan mudik Lebaran 2022. Ia ingin patroli gabungan diintensifkan selama 24 jam demi mencegah tindak kriminal tersebut.

"Sampaikan kabar kepada saudara kita yang mudik untuk menikmati kehangatan bersilaturahmi dengan keluarganya di kampung halaman dan kami menjaga rumah yang ditinggalkan," ujar Fadil dilansir dari Antara pada Minggu (1/5/2022).

Dalam operasi ini, kepolisian akan dibantu TNI dan Pemprov DKI Jakarta. Fadil berharap kehadiran aparat hingga pelosok gang dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat dan meminimalisasi terjadinya tindak pidana.

Sebanyak 572 personel gabungan akan disiagakan dalam patroli skala besar yang dilaksanakan secara rutin. "Kami laksanakan ini sampai pelaksanaan mudik selesai," ujar Fadil.

Ia juga menginstruksikan seluruh personel untuk melaksanakan patroli dengan sikap simpatik dan berbasis komunikasi. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah tindak pidana.

"Satu pesan saya, Anda masuk ke gang-gang, kampung-kampung, lorong-lorong, tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita hadir, bahwa kita ada di tengah masyarakat yang sedang merayakan hari kemenangan," tutur dia.

Fadil melihat masih banyak masyarakat yang tetap tinggal di Jakarta pada musim mudik Lebaran 2022 ini. Karena itu, patroli skala besar perlu dilakukan untuk menjaga tren kondusivitas yang diklaim sudah cukup membaik ini.

"Tujuan patroli skala besar ini di samping memberikan rasa aman, kami juga terus menjaga, selama puasa ini tidak ada kejadian menonjol. Mari lanjutkan tren tersebut," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Hukum)

Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight