Pocophone F1 Dipastikan Terima Update Android Q

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 19 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Xiaomi menjanjikan bahwa Pocophone F1 akan menerima update OS ke Android Q saat waktunya tiba.
tirto.id - Flagship terjangkau Xiaomi, Pocophone F1, dipastikan akan mendapat update sistem operasi (OS) ke Android Q. Informasi ini diungkap oleh Alvin Tse, Global Head of Pocophone, melalui akun Twitter pribadinya, @atytse, belum lama ini.

Alvin mengonfirmasi kabar tersebut setelah ikut berbincang dalam sebuah utas di lini masa yang berdiskusi soal update OS Android Q untuk beberapa ponsel Xiaomi. Namun, di daftar itu tak ada smartphone Pocophone F1.

Alvin kemudian merespons rasa penasaran pengguna Pocophone F1 mengenai masa depan OS perangkatnya. Ia menjanjikan bahwa ponsel ini akan mendapatkan update OS ke Android Q, kendati tak menyebut kapan waktunya.

"Kami [Pocophone F1] akan menerima [Android] Q," tulisnya melalu akun @atytse dikutip Rabu (19/6/2019).

Pocophone F1 sendiri belum lama ini telah mendapat update ke MIUI 10 v10.3.5.0 yang membawa peningkatan security patch Android untuk bulan Mei 2019. MIUI 10 v10.3.5.0 saat ini masih menggunakan basis OS Android 9.0 Pie.

Mengenai Pocophone F1 yang pertama kali diluncurkan dengan menggunakan antarmuka MIUI 10 masih berbasis OS Android 8.1. Pada Desember 2018, update ke OS Android 9.0 Pie telah digulirkan.


Sebelumnya, Pocophone F1 menerima update perangkat lunak MIUI 10 v10.3.4.0 pada awal April 2019. Pembaruan tersebut membawa dukungan Widevine L1 dan fitur Game Turbo.

Widevine L1 merupakan sistem manajemen hak digital milik Google yang dibutuhkan untuk melakukan streaming video dari platform seperti Netflix, Amazon Prime Video, atau layanan OTT lainnya dalam kualitas HD.

Seperti diketahui bahwa performa kamera Pocophone F1 cukup menonjol lantaran mengusung spesifikasi setara dengan ponsel flagship yang harganya lebih mahal.

Pocophone F1 dibekali dua buah kamera belakang dengan lensa utama 12MP yang menggunakan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci dan diperkuat fitur dual LED flash serta Dual PDAF.

Berbicara mengenai performa, Pocophone F1 adalah salah satu smartphone menengah paling gegas saat ini lantaran bertenaga chipset Snapdragon 845 berkopsep octa-core.

Di Indonesia, Pocophone F1 dijual perdana pada Agustus 2018 yang saat itu dipasarkan dengan harga mulai Rp4.499 juta untuk varian 6GB + 64GB.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi