Pandemi COVID-19

PLN Produksi Oksigen Medis untuk COVID-19, Target 2 Ton per Hari

Reporter: - 12 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Produk oksigen medis murni untuk penanganan COVID ini dipasok oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) Muara Karang, Jakarta.
tirto.id - PT PLN (Persero) berhasil memproduksi oksigen medis murni dengan tingkat kemurnian 99,9 persen untuk membantu penanganan COVID-19 di Tanah Air. PLN pun bertekad untuk menambah kapasitas produksi hingga capai 2 ton per hari.

"PLN telah mendayagunakan semua kemungkinan untuk memproduksi oksigen medis murni, dari oksigen yang awalnya dibuang ke udara pada sistem pendinginan pembangkit PLN," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam peluncuran Produksi Oksigen PLN Peduli, Kamis (12/8/2021).

Zulkifli mengatakan oksigen yang diproduksi oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), anak perusahaan PLN tersebut, telah memenuhi ketentuan syarat medis dan mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Produk oksigen medis murni tersebut dipasok oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) Muara Karang, Jakarta. Produksi oksigen yang dihasilkan dari PLTGU yang dikelola oleh unit pembangkitan milik PJB itu sebesar 900 m3 per bulan.

Ia menambahkan PLN bertekad untuk menambah kapasitas produksi oksigen medis murni dengan kapasitas dua (2) ton per hari, yang akan dikelola secara berkelanjutan melalui program CSR PLN Group.

"Ke depan ada potensi peningkatan produksi optimum oksigen medis murni sekitar dua ton per hari dari 19 pembangkit di regional Jawa, Madura, dan Bali," kata dia.

Zulkifli berharap oksigen medis tersebut bisa dimanfaatkan oleh rumah sakit untuk menangani pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi PLN atas upaya memproduksi oksigen medis untuk membantu penanganan COVID-19.

"PLN telah membuat terobosan dari oksigen yang sebelumnya dibuang, lalu diproses sebanyak lima kali secara bertahap, kemudian menjadi oksigen medis murni yang memenuhi ketentuan Kemenkes," kata Erick pada peluncuran Produksi Oksigen PLN Peduli yang digelar secara hibrid.

Erick Thohir mengatakan Kementerian BUMN juga memberikan apresiasi pada rencana PLN untuk menambah kapasitas produksi oksigen medis murni mencapai dua ton per hari, dari 19 pembangkit di regional Jawa, Madura, dan Bali.

Erick Thohir mengatakan Indonesia sebagai bangsa besar harus bangkit dari pandemi COVID-19 melalui inovasi dan kolaborasi dengan semua pihak.

"Melalui terobosan inovasi dan kolaborasi dengan banyak kementerian, kita terus bergotong royong mengatasi pandemi ini. Kita harus memastikan bahwa kita hadir untuk melayani rakyat Indonesia," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Erick Thohir didampingi Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dan Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi menyerahkan oksigen medis murni secara simbolis kepada Direktur RSUD Pasar Minggu dan RS Islam Jakarta Cempaka Putih.


Baca juga artikel terkait OKSIGEN MEDIS atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Antara
Editor: Abdul Aziz
DarkLight