PLN Peduli UMKM

PLN Peduli yang ikut hadir pada pameran Halal Expo yang berlangsung pada 6 hingga 8 Desember 2019. FOTO/Dok.Rilis
KADIN bersama Shopee Indonesia menggelar webinar dialog “UMKM Indonesia Menuju Pasar Global” , di Jakarta, Senin, 14 Juni 2021.
7 Juli 2021
PLN Melalui kegiatan CSR yang bernama PLN Peduli menunjukkan komitmennya dalam pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat melalui program pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Lewat kegiatan Halal Expo Indonesia melalui program HEIact mencoba mengusung dan mengedukasi program mengurangi sampah kepada pengunjung, mulai dari sedekah sampah, pemilahan jenis sampah dan pengurangan penggunaan plastik akan coba diterapkan dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dengan program less waste ini untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia.

Salahsatunya pada booth Koptul singkatan dari Kopi Tuli yang merupakan UMKM binaan dari PLN Peduli yang ikut hadir pada pameran Halal Expo yang berlangsung pada 6 hingga 8 Desember 2019 lalu. Lewat dukungannya pada Koptul PLN Peduli mendukung disabilitas untuk terus berkarya tanpa halangan yang menjadikan Koptul sebagai UMKM binaan PLN yang sukses mengundang massa ke booth PLN Peduli.

Koptul sendiri berasal dari 3 co-founder disabilitas (tuli) yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan lalu mereka bersama teman tuli lainnya membuat usaha kedai kopi yang bertujuan untuk memberdayakan teman-teman disabilitas agar memiliki pekerjaan dan mandiri secara ekonomi.
Berawal dari situ lewat bantuan program CSR PLN Peduli kini mereka berhasil membuktikan bahwa disabilitas juga memiliki kemampuan dan kesempatan untuk sukses. Lewat passion mereka yang mampu mengolah kopi kini Koptul mampu berkembang dan menjadi besar serta telah menyerap banyak tenaga kerja disabilitas.

DarkLight