PKS Dukung Gibran Maju Wali Kota Solo Asal Visi & Misi Sama

Oleh: Riyan Setiawan - 14 November 2019
PKS tak akur dengan PDIP di pusat, namun di daerah dapat berkoalisi untuk mendukung Wali Kota Solo.
tirto.id - Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mustafa Kamal mengatakan akan membuka peluang untuk mendukung putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming yang maju bursa Wali Kota Solo periode 2021-2025.

Bahkan, PKS akan mendukung secara penuh jika Gibran memiliki visi dan misi yang sama dengan PKS.

“Setiap anak bangsa yang mempunyai kapasitas, potensi untuk menjadi pemimpin negeri ini, kami akan dorongan sepenuhnya. [Asal ada] kesamaan visi untuk membangun bangsa dan negara,” kata Mustafa Kamal di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Gibran secara resmi mendaftar ke PDIP untuk jadi kader dan bakal maju lewat partai tersebut. Ia juga telah menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Meskipun menyatakan mendukungnya secara penuh, hingga saat ini PKS juga masih melihat dan mendengar lebih dahulu masukan dari pengurus partai di Solo terkait dinamika yang ada.

Kemudian juga masih mencari siapa saja kader PKS yang berpotensi menjadi calon kuat Wali Kota Solo selain Girban.

“Ya semuanya kami akan gali dari daerah, karena kader-kader Partai Keadilan Sejahtera mempunyai aspirasi, mempunyai forum musyawarah untuk mengusulkan kepada DPP dan pada akhirnya kami akan putuskan,” tuturnya.

Kemudian, dia menyatakan tidak masalah kendati Gibran merupakan kader PDIP yang merupakan partai pemerintah. Sedangkan PKS telah menjadi oposisi dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

“Kalau di pusat, kami mempunyai format sebagai oposisi [yakni] di luar pemerintah. Tapi di daerah, kami bisa bersama-sama seluruh partai politik [pemerintah] untuk menjalin koalisi di tingkat lokal,” ujarnya.




Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight