PKS Digoda Gabung Koalisi PKB-Gerindra

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 10 Nov 2022 10:55 WIB
Jazilul mengungkap koalisi parpol saat ini masih cair. Parpol akan merapat ke calon yang memiliki kans tertinggi untuk menang Pilpres 2024.
tirto.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut ada kemungkinan PKS untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Raya (KIR) bersama Gerindra. Jazilul mengungkapkan bahwa komunikasi dengan PKS berjalan intens untuk membangun koalisi.

"Soal PKS, kami dari PKB-Gerindra sepakat untuk menambah koalisi," kata Jazilul pada Rabu (9/11/2022).

Dirinya menjelaskan bahwa koalisi yang ada saat ini masih belum memiliki arah yang jelas. Baik koalisinya dengan Gerindra, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri Golkar, PAN dan PPP serta koalisi pendukung Anies yang terdiri Nasdem, Demokrat dan PKS.


"Saat ini sejumlah koalisi masih terasa gamang. Kegamangan tidak hanya dilihat dari kubu koalisi pendukung Anies. Oleh karenanya jangan sampai kita gamang," terangnya.

PKB yang saat ini mengusung ketua umumnya Muhaimin Iskandar sebagai capres tak memungkiri untuk melirik calon lain. Termasuk Anies Baswedan yang saat ini diusung oleh koalisi lain.

"Asal nanti di situ ada harapan untuk menang. Itu menjadi satu-satunya godaan partai politik. Ada calon besar harapan untuk menang, maka itu yang akan menjadi pilihan dari partai politik dan itu menjadi godaan," jelasnya.

"Buat PKB yang sudah berulang kali mengikuti Pilpres, biasanya akan melihat kemenangan itu di mana," terangnya.

Selain itu, Jazilul juga menyebut bahwa partainya akan segera melakukan deklarasi koalisi beserta nama capres dan cawapres yang akan diusung. Hal itu setelah Presiden Joko Widodo memberikan isyarat capres kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Kalau ditunda lagi, kita menunda kemenangan," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait KOALISI GERINDRA PKB atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight