PKB Sebut Partai Demokrat akan Bergabung ke Koalisi Semut Merah

Reporter: Irfan Amin - 17 Jun 2022 18:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
PKB dan PKS terus berkomunikasi dan mencari hari yang baik guna mendeklarasikan Koalisi Semut Merah.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid mengungkapkan akan ada partai politik baru yang akan masuk dalam Koalisi Semut Merah. Jazilul menyebut partai politik tersebut adalah Partai Demokrat.
Meski demikian, Jazilul masih enggan membuka komunikasi politik mereka dengan Demokrat kepada publik.

"Ini kan baru komunikasi ya, ibarat pacaran. Soal deklarasi, soal pengumuman itu kan soal teknis saja. Enggak ada yang terburu-buru," kata Jazilul di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

Jazilul mengatakan pihaknya saat ini sedang mencari hari baik, kapan hubungan antar partai yang mengarah pada koalisi diresmikan.


"Tentu kalau mau deklarasi harus mencari hari yang baik, cuaca yang terang, ya enggak mendung-mendung begini," ujarnya.

Jazilul menjelaskan bahwa hubungan PKB, PKS dan Demokrat perlu disampaikan supaya publik tahu bahwa mereka aktif menjalin koalisi dengan berbagai pihak.

"Kenapa ini perlu disampaikan, sebenarnya hanya untuk memberi tahu kepada publik saja. Supaya bisa menilai bahwa komunikasi partai ini berjalan, termasuk PKB, PKS dan Demokrat," terangnya.

Dirinya menerangkan bahwa koalisi ini penting, agar partai bisa membawa gagasan kandidat calon presiden. Sehingga menurutnya percuma partai memiliki kandidat bagus namun terhalang syarat ambang batas pencalonan presiden.

"Masing-masing partai saat ini melakukan komunikasi karena tidak cukup tiketnya. Karena bawa tiket sendirian enggak bisa masuk dalam proses pemilihan," jelasnya.

Nantinya proses penentuan dan deklarasi koalisi akan disampaikan maksimal enam bulan lagi. Sembari melihat stabilitas politik yang ada di Indonesia.

"Nah kapan itu tejadi, ya mungkin 6 bulan paling cepat. Kalau cuacanya bagus, bisa lebih cepat," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait KOALISI SEMUT MERAH atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight