PKB & Gerindra akan Pawai dari Masjid Sunda Kelapa ke KPU

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 8 Agu 2022 11:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Momen pawai dari Masjid Sunda Kelapa menuju Gedung KPU mengingatkan saat Prabowo Subianto mendaftar sebagai capres pada Pilpres 2019 lalu.
tirto.id - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan berangkat bersama menuju Gedung KPU RI pada hari ini Senin (8/8/2022) pukul 15.00 WIB. Keduanya akan mendaftar sebagai partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda mengatakan bersama Partai Gerindra akan berangkat dari Masjid Sunda Kelapa yang berada di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

“Kami ingin pendaftaran bersama kedua partai menjadi peserta Pemilu 2024 ini menjadi titik tolak kerja sama politik yang lebih konstruktif di masa depan," kata Syaiful Huda dalam rilis yang diterima pada Senin (8/8/2022).

"Maka kami ingin mengawali keberangkatan dari Masjid Sunda Kelapa untuk kemudian bersama-sama menuju Kantor KPU,” imbuhnya.

Adapun alasan memulai perjalanan dari Masjid Sunda Kelapa sebagai bentuk niatan dari kedua partai yang ingin mengubah Indonesia menjadi lebih baik. Selain itu momentum 10 Muharam 1444 H yang tepat pada hari ini juga ingin mereka manfaatkan sebagai tanggal baik dalam pendaftaran.

“Pemilihan masjid sebagai titik tolak keberangkatan ini juga sama semangatnya dengan pemilihan waktu pendaftaran di 10 Muharam yang juga merupakan hari baik dan mempunyai makna besar terhadap titik tolak kemenangan para tokoh besar dunia,” terangnya.

“Titik tolak dari Masjid juga untuk mengingatkan kader Gerindra dan PKB bahwa perjuangan politik merupakan implementasi nilai-nilai luhur agama agar kita manusia selalu berupaya menciptakan peluang-peluang lebih besar bagi kemaslahatan rakyat Indonesia,” tambahnya.

Nantinya akan ada kader kedua partai yang akan ikut prosesi pawai dari Masjid Sunda Kelapa menuju Kantor KPU.
Pawai ini akan diiringi atraksi marching band yang akan membawakan lagu-lagu perjuangan. Nantinya Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar akan ikut bergabung dalam pawai ini sebelum masuk ke kantor KPU.

ORASI PRABOWO
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya didampingi cagub Agus Arifin Nu'mang cawagub Tanri Bali Lamo dan Ketua DPD I Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani saat kampanye di lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/6/2018). ANTARA FOTO/Darwin Fatir


“Pendaftaran Gerindra dan PKB sebagai peserta Pemilu ini akan dipimpin langsung oleh Pak Bowo dan Gus Muhaimin. Ini juga sebagai penanda kian seriusnya kerja sama politik dari kedua belah pihak,” ujarnya.

Momen pawai dari Masjid Sunda Kelapa menuju Gedung KPU mengingatkan saat Prabowo Subianto diarak Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat mendaftar sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 lalu.

Saat itu Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno bersama-sama mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres di KPU pada Jumat 10 Mei 2018.


Baca juga artikel terkait PENDAFTARAN PARTAI POLITIK atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight