Pimpinan DPRD DKI Dukung Anies Batasi Pemudik Kembali ke Jakarta

Oleh: Riyan Setiawan - 5 Mei 2020
Langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membatasi pemudik kembali ke ibu kota dianggap tepat untuk menghentikan penyebaran COVID-19.
tirto.id - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membatasi pemudik kembali ke ibu kota usai dari kampung halaman mereka. Saat ini, memang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tengah menyiapkan regulasi untuk membatasi pemudik kembali ke Jakarta.

"Pak Anies sudah melakukan hal yang tepat. Saya anggap ini keputusan yang bijak sekarang," kata Zita kepada Tirto, Selasa (5/5/2020).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menuturkan kebijakan membatasi keluar masuk orang bukan berarti anti transmigrasi ataupun anti urbanisasi. Kata Zita kebijakan ini justru untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin luas.

Sebab menurutnya selama ini Pemprov DKI sudah kecolongan, sehingga banyak pemudik yang sampai ke kampung halamannya terlebih dahulu sebelum keputusan Presiden Joko Widodo tentang larangan mudik berlaku.

"Setelah berlaku pun, faktanya ribuan kendaraan pemudik masih mencoba untuk keluar dari DKI. Masyarakat tidak taat, padahal ini untuk kebaikan," ucapnya.

Ke depan, Zita meminta Pemprov DKI harus memikirkan bagaimana caranya memberikan akses orang yang keluar masuk, dan tetap bekerja di Jakarta di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Saya berharap kebijakan yang di buat pak Anies mengedepankan kepentingan semua orang. Baik yang di DKI maupun yang akan kembali ke DKI. Ini hanya pembatasan, bukan pelarangan sepenuhnya," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait LARANGAN MUDIK 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight