Pilkada Sulsel 2018: Nurdin Halid Mencoblos di TPS Bergaya Bugis

Oleh: Petrik Matanasi - 27 Juni 2018
Sekitar pukul 08.55, Nurdin Halid disambut ala adat Bugis Makassar saat tiba di TPS.
tirto.id -
Calon Gubernur Sulsel nomor urut 1, Nurdin Halid, memberikan hak suara dalam Pilkada Sulsel hari ini, Rabu (27/6/2018), di TPS 1 Tidung Mariollo.

Dari pantauan Tirto, di sekitar rumah Nurdin di Jalan Mapala (belakang UNM) nomor 35, Makassar pagi tadi, beberapa mobil juga pengawal sudah bersiap. Begitu juga tuan rumah.

Sekitar pukul 08.00 WITA, Nurdin akan diantar dengan Alphard putih bernomor polisi DD 1205 RR. Ia berangkat menuju TPS pada pukul 08.30 WITA dari rumahnya.

Pengawalan dilakukan ketat oleh kepolisian. Menurut AKP Andi Syam, "Di sini 19 polisi di Azis [wakil Nurdin] 17, semula 37 petugas, namun 1 digeser menjadi Kapolsek."

Pukul 08.31, plat mobil Alpard putih sudah bersalin menjadi B 1635 EBC. Para pengawal bersiap. Pukul 08.46, Nurdin Halid yang kerap juga disapa NH dan istri sudah terlihat di pintu yang diapit dua guci besar. Tak lama, dia berjalan menuju mobil Alphard putih sambil melambaikan tangan ke arah media.

Begitu Alpard putih keluar, mobil voorijder polisi beriringan di depannya. Awak media kemudian membuntutinya ke TPS 1 Tidung Mariollo.

Tiba di TPS, sekitar pukul 08.55, NH disambut ala adat Bugis Makassar. Dengan tabuhan genderang dua laki-laki berbaju merah dan ikat kepala khas Makassar dan beberapa laki-laki bertombak (yang mata tajamnya tertutup) dengan pakaian sama.

Sambil berjalan ke TPS, NH dan istri tak lupa bersalaman dengan warga sekitar TPS. Ketua KPPS TPS 1 Tidung Mariollo, Yahya Denai, tak lupa beri sambutan.

NH dapat tempat duduk tunggu istimewa sebentar. Tak lama dia pun dapat kartu, lalu mencoblos.

"Insyaallah menang," kata Nurdin ini sekeluar dari TPS dengan disusul istrinya. Tabuhan genderang berbunyi usai Nurdin memberikan hak suara.

NH tak cepat-cepat menuju mobil, tapi berjalan santai sambil melayani warga berfoto dan tak jarang istri NH bersalaman dengan warga yang ditemui.





Baca juga artikel terkait PILGUB SULSEL 2018 atau tulisan menarik lainnya Petrik Matanasi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Petrik Matanasi
Penulis: Petrik Matanasi
Editor: Maya Saputri
DarkLight