Pilgub Jabar 2018: Delapan Tokoh Hadiri Undangan PDIP

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 25 Oktober 2017
Dibaca Normal 1 menit
Acara yang digelar PDIP ini diklaim bukan acara debat antarbakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilgub Jabar 2018, tapi lebih pada ajang silaturahmi dengan para pemimpin.
tirto.id - Delapan tokoh menghadiri acara Silaturahim dan Curah Gagasan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang diadakan oleh PDI Perjuangan di Hotel Horizon Kota Bandung, Rabu (25/10/2017).

Kedelapan tokoh itu adalah Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Ketua DPD Golkar Jawa Barat yang juga Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Bupati Majalengka Sutrisno, mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, anggota DPR RI yang juga tokoh PDIP Guntur Puti Soekarno Putri dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana.

Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryamal menjadi tokoh yang hadir paling akhir pada acara ini.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat Tubagus Hasanuddin menegaskan Curah Gagasan bukan uji publik atau debat kandidat antarbakal calon pemimpin Jawa Barat 2018-2023. Acara ini salah satunya diisi dengan pemaparan delapan orang itu terkait gagasan untuk membangun Jawa Barat.

"Perlu kami tegaskan Curah Gagasan ini adalah silaturahmi dengan para pemimpin karena semuanya sudah jadi pemimpin," kata Tubagus, seperti dikutip Antara.

Para tokoh diberi waktu sepuluh menit untuk menyampaikan gagasan membangun Jawa Barat untuk lima tahun ke depan.

"Nanti urutannya sesuai abjad saat maju pemaparan, jadi tokoh-tokoh tersebut nantinya akan berdiskusi dengan sesepuh atau tokoh masyarakat, kemudian ada juga dari seniman, budayawan, mahasiswa dan pemuda dan para pakar," kata Tubagus.

DPD PDIP Jawa Barat mengundang sembilan tokoh potensial yang dinilai layak menjadi kandidat calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2018, di Bandung, pada 21 Oktober 2017.

“Tanggal 21 kami akan adakan acara di Bandung, jadi kami akan undang tokoh-tokoh potensial, yang diundang ada sembilan nama," kata Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana, usai menerima kunjungan Wakil Gubernur Deddy Mizwar di Bandung, Kamis (18/10/2017).

Kesembilan tokoh yang akan diundang oleh PDIP Jawa Barat, kata Abdy, di antaranya Deddy Mizwar, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Ketua P2TP2A Jawa Barat yang juga istri Gubernur Jawa Barat, yakni Netty Heryawan.

Sebelumnya, Deddy Mizwar mengatakan dia tak bisa menghadiri acara tersebut karena akan melaksanakan ibadah umrah.

“Rencananya saya mau umrah dulu, Insyaallah saya berangkat hari ini [18 Oktober 2017]” kata Deddy sebelum bertolak ke tanah suci, seperti dikutip Antara, Rabu (18/10/2017).

Calon gubernur dari Partai Gerindra ini menyampaikan permintaan maaf kepada jajaran pengurus PDIP Jawa Barat karena tidak bisa menghadiri undangan dari parpol berlambang kepala banteng tersebut.

Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra