Pidato Lengkap Jokowi-Ma'ruf Usai Hasil Sidang Putusan MK

Oleh: Zakki Amali - 27 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tidak ada lagi 01 dan 02, kita harus saling menghargai walau dan politik berbeda kita harus saling menghormati.
tirto.id - Capres Joko Widodo bersama Cawapres Ma'ruf Amin menyampaikan pidato terkait hasil sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan seluruh dalil Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Keduanya bergantian menyampaikan respons di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (27/6/2019) sebelum Jokowi bertolak ke Osaka, Jepang. Berikut pidato lengkap Joko Widodo:


"Hari ini kita telah sama-sama mengetahui hasil putusan dari Mahkamah Konstitusi kita semua menyaksikan proses persidangan di Mahkamah Konstitusi yang diselenggarakan secara adil dan transparan secara terbuka serta disaksikan secara langsung oleh seluruh rakyat Indonesia melalui televisi maupun media elektronik lainnya.

Putusan MK putusan yang bersifat final dan sudah seharusnya kita semuanya menghormati dan melaksanakan bersama-sama keberhasilan bangsa patut kita syukuri bersama.

Terima kasih KPU Bawaslu dan kepada DKPP yang melalui perannya masing-masing telah sukses memastikan terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil.

Terima kasih pada para penegak hukum termasuk Mahkamah Agung dan lembaga peradilan di bawahnya yang telah mengawal proses penegakan hukum pemilu yang hadir.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan proses jalannya pemilihan umum dan terima kasih kami sampaikan kepada Mahkamah Konstitusi yang telah memutus sengketa pilpres secara adil dan transparan.

Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia bersama-sama memajukan negara kita Indonesia tanah air kita tercinta.


Presiden Seluruh Rakyat Tanpa Kecuali

Tidak ada lagi 01 dan 02 yang adanya persatuan Indonesia, walau pilihan politik berbeda tetapi kita harus saling menghargai walau dan politik berbeda kita harus saling menghormati.

Walaupun politik berbeda pada saat ini, namun perlu kami sampaikan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kita sama yaitu Indonesia yang bersatu untuk membangun Indonesia yang maju yang mampu bersanding dengan negara-negara besar lainnya membangun Indonesia yang menghadapi kompetisi global yang tetap dan membangun Indonesia yang unggul yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Saya meyakini kebesaran hati dan kenegarawanan dari sahabat baik saya Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno berdua memiliki Indonesia ke depan yang lebih baik lebih maju dan Indonesia.

Jadi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat indonesia semoga amanah yang kembali diberikan pada saya sebagai presiden dan Bapak Kiai Haji Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden periode 2019-2024 dapat dijalankan sebaik-baiknya untuk mewujudkan pembangunan yang adil pembangunan yang merata demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh partai koalisi seluruh relawan yang telah bekerja keras dan juga untuk seluruh rakyat Indonesia.

Saya dan Pak Kiai Haji Ma'ruf Amin berjanji akan menjadi presiden dan wakil bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali."


Pidato Ma'ruf Amin

Usai Jokowo berpidato, dilanjutkan Ma'ruf Amin sebagai berikut:

"Bismillahirrohmanirrohim kita bersama-sama membangun negeri ini untuk kebaikan bangsa semua, karena itu kepada semua pihak sekali lagi ucapan terima kasih.

Karena proses pileg dan pilpres telah berakhir melalui keputusan Mahkamah Konstitusi sebagai upaya untuk menyelesaikan secara final.

Tambahan dari saya mohon doa mohon dukungan, mohon pengertian dan kesiapan kita untuk memajukan dan mensejahterakan bangsa Indonesia. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Hukum)

Penulis: Zakki Amali
Editor: Agung DH
DarkLight