Piala Dunia Antarklub FIFA

Piala Dunia Antarklub Berpeluang Hadirkan Real Madrid & Liverpool

Oleh: Beni Jo - 19 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Real Madrid dan Liverpool disebut berpeluang langsung lolos Piala Dunia Antarklub dengan format baru yang dilaporkan pada Kamis (18/7/2019) akan menggelar kompetisi dengan melibatkan 24 klub mulai 2021.
tirto.id - Piala Dunia Antarklub dengan format baru dilaporkan pada Kamis (18/7/2019) akan menggelar kompetisi dengan melibatkan 24 klub mulai 2021 di China. Real Madrid dan Liverpool disebut berpeluang langsung lolos pada turnamen perdana ini.

Seperti dilaporkan oleh AS, dalam format tersebut, disebutkan bahwa ada kemungkinan akan melibatkan delapan tim dari Eropa. Termasuk di dalamnya merupakan empat pemenang Liga Champions dalam empat edisi terakhir sebelum turnamen digelar.

Hal ini bermakna bahwa juara dari edisi musim 2017/2018 dan 2018/2019 akan lolos langsung menuju Piala Dunia Antarklub FIFA mulai 2021 mendatang beserta dua jawara dua musim berikutnya. Maka, tiket otomatis sudah berada ditangan Real Madrid dan Liverpool sebagai peraih gelar dalam dua musim kebelakang.

FIFA sendiri disebutkan mempunyai rencana menggelar Piala Dunia Antarklub mulai 2021 mendatang dengan format terbaru. Dalam turnamen itu, federasi sepakbola tertinggi di dunia itu akan menyelenggarakannya di China dengan mengundang 24 tim.

Seluruh klub-klub itu akan dibagi menjadi tiga grup dengan diisi oleh delapan tim. Lama turnamen diperkirakan memakan waktu sekitar 18 hari dan digelar sekitar bulan Juni. Waktu ketika klub-klub Eropa sudah menyelesaikan kompetisi liganya masing-masing.

Piala Dunia Antarklub seperti biasanya memang menggelar turnamen dengan menghadirkan juara dari masing-masing federasi ditambah satu tim dari tuan rumah turnamen. Mulai edisi tahun 2021 tersebut FIFA pun berencana memasukkan lebih banyak tim-tim dari UEFA.

Hal ini ditengarai sebagai usaha dari badan sepakbola pimpinan Gianni Infantino itu untuk meningkatkan profit mereka melalui turnamen yang lebih banyak didominasi oleh klub dari benua biru.

Selama ini, Piala Dunia Antarklub memang didominasi oleh tim asal Eropa. Klub dari UEFA berhasil merengkuh gelar sebanyak 11 kali dan dari zona CONMEBOL empat kali. Berarti, tidak ada tim di luar Eropa dan Amerika Selatan yang mampu meraih trofi sepanjang 15 kali gelaran turnamen tersebut.

Pada gelaran terakhirnya, Real Madrid mampu mengangkat trofi setelah mengalahkan Al-Ain dengan skor 4-1 di final pada edisi 2018. Selain itu, Los Blancos juga merupakan peraih titel terbanyak dengan empat gelar diikuti Barcelona dengan tiga trofinya.

Spanyol pun keluar sebagai negara yang klubnya paling banyak mengoleksi gelar dengan raihan tujuh kali dari kedua tim tersebut diikuti Brasil yang empat kali mampu mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub.



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA ANTARKLUB atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight