Piala Dunia 2018: Alasan Deschamps Tak Bawa Lacazette & Martial

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 18 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kurangnya kemampuan bermain di posisi lain menjadi salah satu faktor tersisihnya Lacazette dan Martial.
tirto.id - Timnas Perancis telah mengumumkan daftar pemain mereka yang akan tampil pada gelaran Piala Dunia 2018 di Russia mendatang. Di luar prediksi, pelatih Didier Deschamps tak menyertakan nama dua pemain bintang yang saat ini merumput di Liga Inggris, Alexandre Lacazette dan Anthony Martial. Dua nama tersebut hanya masuk ke standby list.

Situasi tersebut terbilang mengejutkan, mengingat baik Laca maupun Martial menunjukkan performa memuaskan pada laga uji coba melawan Jerman. Khusus untuk Lacazette, performanya di level klub juga cukup menjanjikan. Usai pulih dari cedera, eks punggawa Lyon itu mencetak delapan gol dalam 10 laga bersama Arsenal.

Tak mau komentar-komentar dari pihak luar mengganggu persiapan skuatnya, pelatih Didier Deschamps pun angkat bicara. Kepada L'Equipe, ia menjelaskan alasan tidak masuknya Laca dan Martial ke skuat utama.

"Mereka [Laca dan Martia;] tampil baik melawan Jerman, tapi itu seluruh tim. Dan tetap saja, itu uji coba, meskipun lawan kami Jerman. Saya mencoba keduanya di beberapa situasi, sebagai starter dan pengganti. Saya memiliki analisis lengkap berdasarkan apa yang mereka tunjukkan dan peran yang dapat diberikan untuk Piala Dunia," tutur Deschamps membuka pernyatannya.

Menimbang apa yang diberikan Laca dan Martial, serta apa saja yang dibutuhkan tim, Deschamps akhirnya lebih memilih nama lain. Menurutnya, Olivier Giroud, Antoinne Griezman, Kylian Mbappe, hingga Nabil Fekir memiliki apa yang lebih dibutuhkan saat ini. Selain itu, nama-nama tersebut juga bisa tampil di berbagai posisi, sehingga memungkinkan variasi strategi yang lebih komplit.

"Ada kompetisi yang ketat. Saya mempertimbangkan Giroud, Mbappe, dan Fekir sebagai penyerang, meski mereka bisa bermain di berbagai posisi. Lihat saja performa Mbappe pada uji coba terakhir melawan Russia. Saya rasa tidak ada untungnya mengorbankan satu pemain yang bisa bermain di dua posisi untuk dua pemain yang bisa bermain di satu posisi," imbuh Deschamps.

Satu nama potensial lain yang tak disertakan Deschamps adalah Dimitri Payet. Mengenai kasus pemain asal Marseille tersebut, cedera menjadi penyebab utama.

"Payet adalah kandidat serius. Dia bermain di babak pertama melawan Atletico di final Liga Eropa, tapi dia mendapat ccedera, dan penyembuhan cederanya memerlukan tiga pekan. Mungkin cukup [sembuh sebelum Piala Dunia], namun itu cedera otot, sangat rentan kemungkinan kambuh," tandas sang pelatih.

Pada fase grup, Perancis tergabung bersama Australia, Denmark, dan Peru di Grup C. Les Blues bakal membuka turnamen dengan menghadapi Australia, Sabtu (16/6/2018). Lima hari kemudian mereka akan melawan Peru, sebelum bersua Denmark di laga terakhir fase grup, Selasa (26/6/2018).

Berikut daftar pemain Perancis untuk Piala Dunia 2018

Penjaga gawang: Hugo Lloris (Tottenham Hotspur), Steve Mandanda (Marseille), Alphonse Areola (Paris Saint-Germain)

Belakang: Lucas Hernandez (Atletico Madrid), Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain), Benjamin Mendy (Manchester City), Benjamin Pavard (Stuttgart), Adil Rami (Marseille), Djibril Sidibe (Monaco), Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid)

Tengah: N’Golo Kante (Chelsea), Blaise Matuidi (Juventus), Steven N’Zonzi (Sevilla), Paul Pogba (Manchester United), Corentin Tolisso (Bayern Munich)

Depan: Ousmane Dembele (Barcelona), Nabil Fekir (Lyon), Olivier Giroud (Chelsea), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Thomas Lemar (Monaco), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Florian Thauvin (Marseille)

Standby List (Cadangan)

Benoit Costil (Bordeaux), Mathieu Debuchy (Saint-Etienne), Mamadou Sakho (Crystal Palace), Kurt Zouma (Stoke City), Lucas Digne (Barcelona), Adrien Rabiot (Paris Saint-Germain), Moussa Sissoko (Tottenham Hotspur), Wissam Ben Yedder (Sevilla), Kingsley Coman (Bayern Munich), Alexandre Lacazette (Arsenal), Anthony Martial (Manchester United).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live
a