Piala Asia 2019: Kalah Telak dari India, Pelatih Thailand Dipecat

Oleh: Oryza Aditama - 7 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pelatih kepala timnas Thailand, Milovan Rajevac, diberhentikan dari jabatannya selepas kekalahan telak 1-4 dari India di laga pertama Grup A, Piala Asia 2019.
tirto.id - Gelaran Piala Asia 2019 langsung memakan korban selepas pertandingan Grup A, antara India melawan Thailand, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (6/1/2019).Federasi Sepakbola Thailand (FAT/Football Association of Thailand) telah memecat Milovan Rajevac dari jabatannya sebagai pelatih kepala tim Gajah Perang, selepas kekalahan telak 1-4 dari jagoan asal Asia Selatan tersebut.

Sebenarnya posisi pelatih berusia 65 tahun tersebut sudah mulai terancam kala timnas Thailand secara mengejutkan didepak Malaysia di semifinal Piala AFF 2018 bulan lalu. Namun kekalahan dari Harimau Malaya yang hanya ditentukan lewat produktivitas gol tandang tersebut, belum cukup untuk menggoyahkan kepercayaan FAT kepada Rajevac.

Akan tetapi hasil buruk di laga pertama pertama Thailand telah membuat kesabaran federasi sepakbola mereka lenyap, hingga langsung mengumumkan pemecatan untuk pelatih asal Serbia tersebut. FAT juga memutuskan untuk mengangkat Sirisak Yodyardthai yang semula menjabat sebagai asisten pelatih, untuk duduk sebagai pelatih kepala hingga selesainya Piala Asia 2019.



Sebuah pengumuman tertulis yang dimuat oleh akun media sosial milik FAT yang juga dikutip oleh FOX Sports Asia, Somyot Poompanmoung selaku presiden federasi Thailand menyampaikan beberapa alasannya untuk mengakhiri tugas sang pelatih kepala.

“Kami bermain di kompetisi terbesar sepakbola Asia. Ini sesuatu yang sudah kami tunggu sejak lama, dan FAT telah sepenuhnya mendukung persiapan timnas untuk mencapai potensi tertinggi di kompetisi tersebut, dan mencapai raihan yang lebih baik dari sebelumnya.

"Akan tetapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan dan tidak pantas diterima para suporter. Sama seperti suporter Thailand di seluruh pelosok negeri, saya juga kecewa dengan hasilnya.

"Tapi sebagai seorang presiden dari induk organisasi sepakbola, saya tak bisa berdiam diri terhadap masalah ini. Saya ingin mengumumkan pemutusan kontrak dari pelatih kepala timnas Thailand, Milovan Rajevac, serta mengumumkan penunjukan Sirisak Yodyardthai untuk mengambil alih tugas dalam tim,” terang Poompanmoung.

Selain bersama India, timnas Thailand juga berada dalam grup yang sama dengan Bahrain dan tuan rumah Uni Emirat Arab. Laga melawan Bahrain akan dilangsungkan pada 10 Januari di Stadion Rashid Al-Maktoum. Sementara laga pemungkas grup menghadapi tuan rumah pada 14 Januari di Stadion Hazza bin Zayed.

Di klasemen sementara Grup A Piala Asia 2019, India memimpin dengan raihan 3 angka. Kemudian diikuti oleh Bahrain dan Uni Emirat Arab masing-masing dengan 1 poin. Sementara itu Thailand tersungkur di posisi buncit dengan poin nol.

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Oryza Aditama
Kontributor: Oryza Aditama