Piala AFF 2021 Profil Timnas Kamboja: Daftar Pemain, Rekor, Jadwal

Oleh: Beni Jo - 3 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini profil profil Timnas Kamboja dalam Piala AFF 2021 beserta daftar pemain, rekor di fase grup, serta jadwal laga mulai 6 Desember.
tirto.id - Jadwal Piala AFF 2021 dimulai pada tanggal 5 Desember mendatang dengan diikuti 10 tim yang terbagi dalam dua grup. Timnas Kamboja bersama Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Laos tergabung dalam Grup B. Adapun Grup A diisi oleh Timnas Singapura, Thailand, Timor-Leste, Filipina, dan Myanmar.

Khusus untuk Timnas Kamboja, agenda laga perdanya di Piala AFF 2021 dijadwalkan pada Senin, 6 Desember. Tim Angkor Warriors akan menghadapi Timnas Malaysia di laga tersebut.

Timnas Kamboja belum pernah lolos dari fase grup selama berlaga di dalam 7 edisi Piala AFF. Maka itu, turnamen tahun ini menjadi peluang bagi mereka untuk memperbaiki prestasi di level ASEAN.

Namun, mereka harus mampu melewati tim-tim kuat di Grup B. Misalnya, saat laga perdananya pada awal pekan depan, Timnas Kamboja akan melawan Malaysia yang merupakan finalis Piala AFF edisi terakhir.

Tiga hari kemudian, skuad Angkor Warriors mesti meladeni Timnas Indonesia. Selanjutnya, ada Laos yang akan menjajal kekuatan Sieng Chanthea dan kolega.

Dua laga itu akan berlangsung pada 9 dan 15 Desember 2021. Terakhir, kekuatan Timnas Kamboja bakal diadu melawan Vietnam pada Minggu (19/12/2021).


Melihat daftar skuad yang diusung menuju Piala AFF 2021, salah satu penyerang berpengalaman turut mengisi 30 pemain Timnas Kamboja.

Dia adalah Chan Vathanaka. Striker berusia 27 tahun tersebut sudah turun dalam 39 pertandingan internasional bersama Timnas Kamboja.

Setidaknya, pengalaman sang pemain selama merumput bersama Svay Rieng, Fujieda MYFC (J3 League), Pahang FA, dan PKNS bisa menjadi modal tambahan saat meladeni 3 tim kuat di Grup B, yaitu Malaysia, Indonesia, serta Vietnam.

Sementara itu, mengutip laman Khmer Times, Visakha menjadi klub dengan penyumbang pemain terbanyak untuk Timnas Kamboja.

Dalam daftar skuad Timnas Kamboja, ada 6 pemain yang berasal dari Visakha. Di antaranya adalah Keo Sokseila, Keo Sokpheng, Ken Chansopheak, Cheng Meng, Tes Sambath, dan Chrerng Polroth.

Sedangkan beberapa klub seperti Prey Veng FC, Boeung Ket FC, Preah Khan Reach Svay Rieng FC, serta Phnom Penh Crown FC masing-masing mengirim 5 pemain yang masuk dalam skuad Timnas tersebut.

Sebagian besar anggota skuad Timnas Kamboja di Piala AFF 2021 juga merupakan para pemain yang turut ambil bagian dalam Kualifikas Piala Asia dan Piala Asia U23.

Jadwal Timnas Kamboja di Piala AFF 2021

Berikut ini jadwal pertandingan Timnas Kamboja dalam Piala AFF 2021. Mereka akan melawan Malaysia, kemudian Indonesia, Laos, dan Vietnam.

Senin, 06/12/2021

16.30 WIB: Kamboja vs Malaysia

Kamis, 09/12/2021

19.30 WIB: Indonesia vs Kamboja

Rabu, 15/12/2021

16.30 WIB: Kamboja vs Laos

Minggu, 19/12/2021

19.30 WIB: Vietnam vs Kamboja

Daftar Skuad Timnas Kamboja

Daftar nama para pemain dalam skuad Timnas Kamboja yang akan bertarung dalam turnamen Piala AFF 2021 bisa dicermati dalam perincian berikut ini.

Kiper

Keo Soksela
Hul Kimhuy
Vireak Dara

Bek

Cheng Meng
Tes Sambath
Sath Rosib
Soeuth Nava
Sin Sovannmakara
Chan Sarapich
Sor Rotana
Yue Safy
Sareth Krya
Soeuy Visal

Gelandang

Ken Chansopheak
Chrerng Polroth
Kouch Sokumpheak
Sos Suhana
Orn Chanpolin
Choun Chanchav
Brak Thiva
Min Ratanak
Ean Pisey

Penyerang

Keo Sokpheng
Sieng Chanthea
Chan Vathanaka
Leng Nora
Lim Pisoth
Prak Mony Udom
Nhean Sosidan
Sa Ty.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight