Bursa Transfer

Philippe Coutinho ke Munchen dari Barcelona dengan Status Pinjaman

Oleh: Beni Jo - 17 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meski hanya semusim merumput di Allianz Arena, Philippe Coutinho memiliki opsi permanen jadi penggawa Munchen.
tirto.id - Bayern Munchen mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Barcelona terkait peminjaman Philippe Coutinho pada Jumat (16/8/2019). Pemain asal Brasil itu akan memperkuat Die Roten selama satu musim dengan opsi permanen.

"Saya dapat mengonfirmasikan bahwa Hasan [Salihamidzic] dan saya berada di Barcelona pada Rabu lalu dan sudah mencapai kesepakatan dengan Barcelona terkait sang pemain. Kami telah melihat [Philippe] Coutinho cukup lama. Ini tidak bermasalah, ini hanya soal kualitasnya," tutur Karl-Heinz Rummenigge, CEO Munchen, seperti dikutip dari laman resmi klub, Sabtu (17/8).

Tidak lupa, Rummenigge juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Blaugrana yang sudi melepas Coutinho untuk bergabung dengan klub yang mempunyai markas di Stadion Allians itu. Ia pun merasa sangat senang bisa membawa pemain 27 tahun itu ke Bayern Munchen.

Sementara pelatih tim Niko Kovac menyebut bahwa tidak hanya klubnya yang siap menyambut penggawa yang turut mengantarkan Brasil merengkuh juara Copa America 2019 itu.

Menurutnya, Bundesliga dan bahkan Jerman sendiri siap melihat kepiawaian dari Coutinho yang akan segera berlaga di Liga Jerman musim ini.

"Menurut pendapat saya, tidak hanya FC Bayern Munich, tetapi juga seluruh Bundesliga dan Jerman secara penuh serta dengan senang hati siap menyambut pemain dengan nama besarnya di liga kami," tutur Kovac.

Sementara melansir situs web resmi Barcelona, nama Coutinho sebenarnya sudah masuk dalam daftar pemain yang dibawa oleh Ernesto Valverde dalam lawatan ke kandang Athletic Bilbao dalam pertandingan pekan perdana Liga Spanyol 2019/2020 yang berlangsung Sabtu (17/8).

Namun, eks pemain Liverpool itu tidak masuk dalam starting IX Barca. Di lini depan, juara bertahan La Liga itu lebih memilih memainkan trio Ousmane Dembele, Luis Suarez, Antoine Griezmann. Selain itu, Coutinho bahkan tidak ada dalam susunan pemain cadangan yang berada di bench.

Philippe Coutinho bergabung dengan Barcelona sejak musim 2017/2018. Selama dua musim terakhir, ia turut menyumbangkan total 21 gol dalam 76 kali penampilan berseragam Blaugrana di semua ajang.

Di Liga Spanyol 2018/2019, ia menorehkan lima gol dalam 34 kali pertandingan. Beberapa trofi juga berhasil disabet bersama Barca, diantaranya adalah juara Liga Spanyol secara berturut-turut dalam dua edisi terakhir dan trofi Copa del Rey 2018.

Sebelumnya, Coutinho memperkuat Liverpool selama hampir lima musim. Catatan penampilannya pun mencapai angka 201 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi total 54 gol.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Beni Jo

DarkLight