Peta Jalur Alternatif Pansela untuk Mudik Lebaran 2022

Penulis: Yantina Debora - 28 Apr 2022 17:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link download peta jalur alternatif Pansela untuk mudik Lebaran 2022 dan lokasi rest area hingga tempat wisata di jalur alternatif tersebut.
tirto.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan peta jalur alternatif Pansela untuk mudik Lebaran 2022 Hari Raya Idul Fitri 1443 hijriah.

Peta jalur Alternatif ini mulai dari Serang hingga Banyuwangi yang mana terdapat jalan funsional, jalur alternatif jalan nasional dan jalur alternatif jalan daerah.

Bagi Anda yang ingin mudik Lebaran melalui jalur alternatif Pansela, berikut link petanya:

Link Peta Jalur Alternatif Pansela Mudik 2022

Selain jalur alternatif Pansela, PUPR juga menyediaka peta lokasi wisata sisepanjang jalur alternatif Pansela, rest area dan titik Posko dan DRU jalur mudik Lebaran 2022.

Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif para pemudik tahun 2022 selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19.

"Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa," kata Menteri Basuki.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Wida Nurfaida mengatakan, di Pansela wilayah Jateng-DIY telah disiapkan empat Posko Siaga Mudik Sapta Taruna.

Masing-masing sebanyak dua posko di wilayah Jateng tepatnya di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo dan di Ruas Giriwoyo – Glonggong (KM.77+550), sementara di DIY terdapat di Ruas Tepus - Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul dan Ruas Samas - Girijati Kabupaten Bantul.

"Posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan mushala. Posko ini juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana yang siap koordinasi dengan Posko Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan juga," kata Wida.

Terkait masalah pasokan BBM di Pansela, BBPJN Jateng-DIY Kementerian PUPR juga sudah mengecek ketersedian SPBU di Pansela.

"Ada 4 SPBU yang besar dan beberapa SPBU mini. Tempat istirahat juga sudah kita survei banyak juga sekarang tempat kuliner dan wisata pantai dibuka," tutur Wida.

Secara umum total panjang Pansela di Jateng -DIY ada 332,91 km dan sampai September 2021 sudah terbangun 165,13 km di Jateng dan 92,81 km di DIY.

“Sehingga masih tersisa untuk di Jateng itu 47,4 km dan di DIY 27,57 km. Jadi secara progres gabungan 80% sudah terbangun dan sementara sisanya ada yang sedang dalam masa konstruksi,” kata Wida.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight