Pesta Ulang Tahun Beyonce yang Selalu Meriah

Oleh: Joan Aurelia - 7 September 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pesta ulang tahun ini tak selalu mewah, tapi selalu berkesan.
tirto.id - Bagi koloni lebah, sang ratu adalah jantung kehidupan. Begitu pula Beyonce Knowles bagi para penggemarnya.

Suatu waktu, BeyHive, julukan bagi penggemar Beyonce, pernah meminta ulang tahun sang idola bisa dijadikan hari libur nasional. Tiga tahun lalu, mereka mencoba untuk merealisasikan harapan dengan membuat petisi yang ditujukan kepada pemerintah Amerika Serikat. Petisi tersebut membutuhkan sekitar 98 ribu tanda tangan.

Para penggemar menyebutkan besarnya kontribusi besar Beyonce dalam ranah musik, dan karenanya harus dihargai. Caranya, menurut mereka, yakni dengan membuat Bey Day, istilah untuk menyebut hari ulang tahun Beyonce, sebagai hari libur nasional. Sayangnya, ide itu tak terwujud. Dua bulan sebelum tenggat pengumpulan petisi, jumlah tanda tangan yang terkumpul jauh dari cukup, hanya berkisar 2.000-an tanda tangan.

Waktu itu BeyHive punya cukup rasa optimis karena mengandalkan hubungan baik Beyonce dengan Michelle Obama yang saat itu masih menjabat sebagai ibu negara. Michelle memang beberapa kali terlihat menonton konser mantan anggota Destiny's Child ini. Ia pernah menikmati konser bersama dengan Tina Knowles, ibu Beyonce.

Relasi Michelle dan Beyonce terjalin saat Beyonce jadi penampil pada malam inagurasi Barack Obama pada 2009. Keluarga Obama cukup terkesan dengan penyanyi yang juga jadi aktris ini. Queen Bey kembali tampil pada acara inagurasi periode kedua. Hubungan mereka kian dekat. Sampai saat ini Michelle dan Barack Obama masih sering menonton konser Beyonce. Akhir bulan lalu, pasangan itu terlihat menikmati konser Beyonce di Washington D.C.

Bukti kedekatan Michelle dan Beyonce tak hanya terwujud lewat konser. Mereka sempat bekerjasama dalam sebuah proyek sosial yang bertujuan membantu anak-anak kelaparan. Hal-hal seperti itu membuat mereka kian dekat, bahkan dalam tahap personal. Beyonce beberapa kali mengundang Michelle menghadiri pesta ulang tahunnya.

Tahun lalu, Michelle dipotret dengan gaya yang mirip sang diva. Ia mengenakan topi, kalung besar, atasan ketat berkerah tinggi, dan rambut kepang dua. Dalam foto tersebut, bagian wajah yang terlihat ialah hidung, bibir, dan dagu. Foto yang terinspirasi dari gaya Beyonce dalam video klip "Formation" ini kemudian dibuat sebagai hadiah ulang tahun Beyonce.


Setahun sebelumnya, Beyonce menghampiri Michelle ke Camp David untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama. Beyonce pergi bersama Blue Ivy dan Tina dan akan berjumpa dengan Michelle serta kedua anaknya. Momen tersebut terjadi beberapa hari sebelum ulang tahun Beyonce. Kabar yang tersebar di sejumlah media menyebut bahwa agenda tersebut ialah salah satu rangkaian acara ulang tahun sang penyanyi yang ke 35.

Infografik Happy Bey Day


Beberapa hari setelah liburan itu selesai, Beyonce pergi ke Philadelphia untuk menghadiri acara festival musik Made In America yang dikurasi oleh Jay Z, sang suami. Kebetulan, festival itu bertepatan dengan hari ulang tahun Beyonce. Di acara tersebut ibu tiga anak ini nampak sebagai penonton biasa yang menikmati penampilan musisi seperti Coldplay dan Chance The Rapper. Salah satu hal yang mungkin membedakannya dengan penonton lain ialah ketika ia bertegur sapa dengan Bill Clinton yang tiba-tiba datang ke acara tersebut. Momen itu lantas jadi bahan pemberitaan media.

Cerita soal hari ulang tahun Beyonce tak berhenti di sana. Seusai festival, Beyonce menyelenggarakan pesta di New York dengan tema Soul Train yang terinspirasi dari acara musik yang populer pada tahun 1970an. Soul Train dianggap sebagai salah satu acara televisi dengan episode terpanjang di Amerika Serikat. Acara tersebut berhenti ditayangkan pada akhir tahun 2000-an.


Beyonce sejenak menghidupkan kembali ingatan tentang Soul Train di NoMad Hotel. Ia meminta tamu-tamu hadir dengan dress code retro agar benar-benar serupa dengan para penampil di acara legendaris itu. Beyonce, sang ratu lebah, mengenakan jumpsuit mini bermaterial manik manik warna warni yang berkilau bila terkena lampu disko. Pada pesta itu, ia mengundang kawan-kawan selebritas seperti Alicia Keys, Diddy, dan Usher.

Pada 2015, Beyonce mengadakan pesta ulang tahun istimewa. Saat itu, dia bersama Jay Z, Blue Ivy, dan Kelly Rowland, keliling perairan Italia menggunakan yacht Galactica Star. Kapal mewah ini adalah milik Kola Aluko, pengusaha minyak asal Nigeria. Selama ini, orang yang bisa menggunakannya hanya rekan dekat Aluko, itupun tidak gratis. Business Insider memperkirakan harga sewa kapal sekitar 900 ribu dolar per minggu. Kapal yang didesain oleh Bannenberg and Rowell, firma yang fokus mendesain kapal pesiar, ini bisa memuat 12 orang, dan punya ruang yang khusus didesain untuk area pesta, juga helipad.

Tahun ini belum ada berita tentang pesta besar untuk memperingati hari ulang tahun sang Ratu Lebah. Meski demikian, tak ada yang tahu apakah Queen Bey sedang merencanakan perayaan untuk beberapa hari ke depan. Karena bagaimanapun, dia tetaplah diva yang kerap mencuri perhatian publik.

Baca juga artikel terkait ARTIS HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Joan Aurelia
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Joan Aurelia
Editor: Nuran Wibisono
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live