Pesawat N219 Siap Dikembangkan dengan Model Amfibi

Oleh: Yuliana Ratnasari - 16 Agustus 2017
Uji coba pesawat N219 menjadi pembuktian bangsa Indonesia mampu merancang bangun, testing, sertifikasi sampai produksi. Kini LAPAN berniat mengembangkan pesawat hingga versi amfibi.
tirto.id - Pesawat N219 siap dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) hingga versi amfibi. Dengan begitu, pesawat ini bisa mendarat di pulau-pulau kecil.

"Kita ingin ini (Pesawat N219) untuk pulau-pulau kecil jadi konektivitas yang jaraknya dekat. (Pesawat) N219 ini akan kita kembangkan versi amfibinya supaya bisa mendarat di pulau kecil yang tak ada landasannya, bisa mendarat di pantai," kata Kepala LAPAN Thomas Siregar, di Kota Bandung, Rabu (16/8/2017).

Uji coba penerbangan perdana dari Purwarupa Pesawat Pertama N219 di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara Bandung yang dilakukan hari ini berjalan sukses.

Kepala LAPAN mengaku bangga karena pengerjaan Pesawat N219 seluruhnya dilakukan oleh teknisi asal Indonesia.

"Ini murni semua dikerjakan oleh engineer Indonesia jadi tidak seperti N250 yang masih ada tenaga asingnya," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, keberhasilan flight test Purwarupa Pesawat Pertama N219 ini sangat penting artinya bagi PT Dirgantara Indonesia (DI) dan bagi industri kedirgantaraan Indonesia. Sebab, Dirut PT DI Budi Santoso menilai, hal ini menjadi pembuktian bahwa bangsa Indonesia mampu merancang bangun, testing, sertifikasi sampai produksi.

"Tidak ada technical assistance dari bangsa asing, semua adalah hasil kerja keras olah pikir atau brainware bertahun-tahun para engineer Indonesia untuk merancang dan nantinya memproduksi pesawat ini," kata Budi.

Pada Rabu, tanggal 16 Agustus 2017, sekitar pukul 09.10 WIB Purwarupa pesawat pertama N219 dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) melakukan uji coba penerbangan perdana di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Uji coba penerbangan perdana pesawat tersebut disaksikan langsung oleh Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso, Dirut PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso dan seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris PT DI.

Uji coba penerbangan ini dilakukan setelah purwarupa pesawat pertama N219 mendapatkan Certificate of Airworthiness dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasional Pesawat Udara Kementerian Perhubungan.

Baca juga artikel terkait PESAWAT N-219 atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - )

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight