Dampak Pandemi Corona

Pesawat Jet Diizinkan Terbang Lagi dari Bandara Husein Sastranegara

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Demi dongkrak pariwisata, Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung kembali melayani penerbangan pesawat jenis jet.
tirto.id - Bandara Internasional Husein Sastranegara kembali melayani penerbangan pesawat jenis jet mulai 20 Agustus 2020.

Berdasarkan surat Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menerbitkan surat Nomor AU.004/3/20/DRJU.DAU.2020 yang diterima Tirto, Kementerian Perhubungan secara resmi menulis soal Penataan Rute Penerbangan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, dan Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka.

Mengenai hal ini, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin selaku operator bandara mengatakan pihaknya tengah kembali bersiap untuk melayani penumpang di Bandung untuk terbang lagi dengan pesawat jet.

“Sesuai surat tersebut, Husein Sastranegara dapat melayani penerbangan berjadwal rute domestik dengan pesawat baling-baling [propeller] dan pesawat jet untuk rute dari/ke Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar dan Makassar,” ujar dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Senin (17/8/2020).

Ia menjelaskan, penumpang dari Husein Sastranegara juga dapat melayani penerbangan berjadwal luar negeri, lalu rute penerbangan berjadwal atau tidak berjadwal untuk dalam dan luar negeri, serta penerbangan bukan niaga dalam dan luar negeri.

Mengenai hal tersebut, Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Iwan Winaya Bahdar menuturkan persiapan sudah dilakukan agar penerbangan dengan jet dapat dilakukan kembali dengan lancar di Bandara Husein Sastranegara mulai 20 Agustus 2020.

“Bandara Husein Sastranegara terakhir melayani penerbangan jet pada Juni 2019, karena pada Juli 2019 seluruh operasional pesawat jet dipindahkan ke Bandara Kertajati. Di tengah pandemi ini, regulator kembali melakukan penataan rute di mana penerbangan jet untuk sejumlah rute dilakukan melalui Husein Sastranegara dan kami siap menjalankan itu mulai 20 Agustus 2020,” jelas dia.

Ia menjelaskan, maskapai yang sudah menyampaikan untuk kembali mengoperasikan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara adalah Lion Air untuk rute dari/ke Medan, Denpasar, Balikpapan dan Makassar. Lalu, Citilink untuk rute dari/ke Palembang, Pekanbaru, Denpasar, Medan dan Banjarmasin.

Berdasarkan surat Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Bandara Kertajati yang juga dikelola PT Angkasa Pura II juga dapat melayani seluruh penerbangan berjadwal/tidak berjadwal dalam negeri dengan pesawat propeller atau jet, lalu penerbangan niaga berjadwal luar negeri, penerbangan tidak berjadwal dalam/luar negeri, serta penerbangan bukan niaga dalam/luar negeri.


Baca juga artikel terkait PARIWISATA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight