Pesan Prabowo ke Pimpinan MPR: Jaga Kerukunan, Jangan Jadi Oligarki

Oleh: Bayu Septianto - 11 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tanpa Zulkifli Hasan, pimpinan MPR RI ke rumah Prabowo Subianto untuk mengundangnya hadir di pelantikan Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id - Sebanyak sembilan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019) malam.

Namun, Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) tak hadir di kediaman mantan Capres Pilpres 2019 ini.

Hal ini, sama dengan Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai NasDem, Lestari Moerdijat yang tak hadir di kediaman Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Ketua MPR Bambang Soesaty mengungkapkan salah satu tujuan kehadiran pimpinan MPR malam ini adalaj untuk memberikan undangan pelantikan presiden-wakil presiden terpilih pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

Bamsoet pun terkejut saat menyatakan Prabowo siap hadir walaupun tanpa diundang sekalipun.

"Beliau juga menyatakan, tidak diundang beliau akan hadir dan ini luar biasa. Ini menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa beliau ingin mengutamakan persatuan, ingin menunjukkan persatuan dan bersatu," ujar Bamsoet usai bertemu dengan Prabowo.


Bamsoet juga mengatakan dalam pertemuan tersebut, Prabowo menekankan pentingnya menjaga silaturahim antara pimpinan MPR dengan elite partai politik.

Apalagi, katanya, menjaga persatuan dan kesatuan ini pentimg dilakukan usai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Ada saatnya kita berkontestasi dan ada saatnya kita bersatu untuk kepentingan yang lebih luas lagi bagi bangsa ini," kata Bamsoet.

Sementara itu, usai pertemuan Prabowo menyatakan siap hadir dalam pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pekan depan di Gedung MPR/DPR RI.

Kata Prabowo, ia akan hadir untuk menghormarti sistem politik dan sistem konstitusi negara Indonesia.

"Wajib hadir sebagai warga negara untuk hormati sistem politik, hormati sistem konstitusi kita, menghormati negara kita," ucap Prabowo.

Prabowo pun menaruh harapan terhadap pimpinan MPR saat ini untuk bekerja demi kepentingan rakyat dan bukan kepentingan partainya saja. Ia berpesan agar pimpinan MPR saat ini menjaga kerukunan dan tak banyak berkonflik.

"Saya melihat ini susunan pimpinan MPR yang terbaik. Mudah-mudahan mereka penuhi harapan rakyat. Harmoni, jaga kerukunan, jangan sampai jadi oligarki," tegas Prabowo.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN JOKOWI-MARUF atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight