Pesan Menkes di Hari Kesehatan Nasional 12 November: Ingat 3M

Oleh: Yantina Debora - 12 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Pesan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Hari Kesehatan Nasional 12 November 2020.
tirto.id - Setiap 12 November, masyarakat Indonesia selalu memperingatinya sebagai Hari Kesehatan Nasional. Peringatan Hari Kesehatan Nasinal ini digunakan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mengajak seluruh warga Indonesia untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M.

"Jaga diri, jaga keluarga dan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19 dengan cara memakai masker dengan benar, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun," katanya di Jakarta, Kamis (12/11/2020), dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional.




Dikutip dari Kemenkes.go.id, Tema Hari Kesehatan Nasional 2020 yakni “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”.

Tema ini mengandung arti sebagai upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

Selain itu, Kemenkes juga membuat sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19. Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Pada perayaan Hari Kesehatan Nasional 2020 di tengah pandemi Covid-19, Menteri Kesehatan juga berkomunikasi melalui sambungan video dengan tenaga kesehatan di berbagai daerah di Indonesia.

Para tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya menyampaikan laporan mengenai kondisi kesehatan masyarakat dan upaya penanganan Covid-19 di daerah mereka.

Kementerian Kesehatan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional mengajak seluruh elemen masyarakat bertepuk tangan selama 56 detik untuk para tenaga kesehatan yang telah berjuang memberikan pelayanan kesehatan pada masa pandemi dan warga yang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, kita berjuang bersama dan masih terus berjuang. Kini saatnya kita satukan tekad dan semangat untuk Indonesia sehat, berikan tepuk tangan kita untuk seluruh pejuang Covid-19, untuk kita semua. Ayo tepuk tangan serentak bersama pada 12 November 2020 jam 12.00 WIB selama 56 detik," demikian ajakan yang disampaikan lewat akun Instagram Kementerian Kesehatan.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari dalam Buku Pedoman HKN ke-56 menyatakan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengangkat tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat."

"Ini merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen masyarakat untuk terus bertekad dan berjuang keras menyelamatkan bangsa di masa pandemi Covid-19," katanya.

"Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19 adalah sub tema yang mengajak masyarakat agar tidak putus asa, tidak menyerah, dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri, demi mewujudkan Indonesia Sehat," ia menambahkan.

Dikutip dari website Kemenkes, cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus ini adalah:

  • Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat.
  • Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.
  • Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).
  • Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.
  • Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.
  • Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda.
  • Menunda perjalanan ke daerah/ negara di mana virus ini ditemukan.
  • Hindari bepergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat, terutama jika Anda merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.
  • Selalu pantau perkembangan penyakit Covid-19 dari sumber resmi dan akurat. Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi dari Anda dari penularan dan penyebaran penyakit ini.



----------
Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Baca juga artikel terkait HARI KESEHATAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight