Pesan Jokowi saat Resmikan Food Estate Mangga di Gresik

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 22 Agu 2022 13:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi meluncurkan pembangunan food estate tanaman mangga di daerah Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022).
tirto.id - Presiden Jokowi meluncurkan pembangunan food estate tanaman mangga di daerah Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022). Usai melakukan kegiatan penanaman mangga, Jokowi mengaku food estate seluas 1.000 hektar di Gresik tidak hanya dikelola masyarakat, tetapi juga swasta.

"Hari ini saya berada di Kabupaten Gresik untuk melakukan penanaman mangga di kurang lebih total 1.000 hektar di 4 Kecamatan dan kita harapkan ini food estate ini ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta," kata Jokowi di daerah Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8/2022).

Jokowi mengaku, program penanaman akan berlangsung dalam kurun waktu 3 tahun. Jokowi juga mengatakan, pemilihan tanaman mangga dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri. Ia mengaku, beberapa negara masih meminta buah mangga seperti daerah Timur Tengah, Tiongkok, Jepang maupun Eropa.

Jokowi mengaku senang setelah melihat tata kelola food estate di Gresik. Ia berharap akan ada peningkatan pengelolaan selain rencana menduplikasi sistem penanaman di daerah-daerah lain.

"Saya kira banyak permintaan sehingga ini kita mulai dan tidak nanti tidak hanya di Kabupaten Gresik tapi juga di kabupaten lain yang kira-kira memiliki kondisi lahan marginal yang cocok untuk mangga," kata Jokowi.

"Saya senang kelihatan yang sudah tertanam di sini manajemennya sangat baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan, QC quality kontrol dari buyernya sehingga ada level kualitas akan naik," tutur Jokowi.

Peresmian food estate Gresik merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Jawa Timur sejak Minggu (21/8/2022). Jokowi sempat melakukan bagi-bagi bantuan kepada penerima manfaat di Pasar Pucang Anom, Kota Surabaya, Minggu (21/8/2022). Sebelumnya, Jokowi sempat bertemu dengan relawan di Stadion Gelora 10 November, Surabaya.

Pada kegiatan Senin (22/8/2022), Jokowi tidak hanya meresmikan food estate, tetapi juga meluncurkan program taksi alsintan. Ia juga dijadwalkan akan menuju Pasar Larangan, Sidoarjo untuk menyerahkan bantuan sosial bagi para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang. Sebelum kembali ke Jakarta, Jokowi akan menuju GOR Delta Sidoarjo untuk membagikan 3000 sertifikat tanah untuk rakyat yang tinggal di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten dan Kota MAlang dan Kabupaten Gresik.


Baca juga artikel terkait FOOD ESTATE atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri

DarkLight