Perubahan Tren Desain Rumah 2020 karena Pandemi Corona COVID-19

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 4 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Tren desain rumah diprediksi akan berubah karena pandemi corona COVID-19.
tirto.id - Dampak langsung COVID-19 diprediksi akan mempengaruhi pariwisata, pelaksanaan acara, dan aktivitas sehari-hari. Banyak juga yang mulai merasakan bagaimana pandemi ini akan mengubah tren desain rumah.

Forbes memperkirakan, salah satu perubahan desain yang mencolok adalah dapur dan kamar mandi. Dapur masa depan mungkin dirancang dengan lebih banyak penyimpanan dan ruang pantry untuk lebih mengakomodasi pembelian dalam jumlah besar.

Banyak yang menginginkan dapur dengan lebih banyak ruang freezer / kulkas untuk menyimpan makanan yang mudah rusak.

Semakin banyak orang yang bekerja dari rumah (WFH), dapur rumah juga akan berfungsi sebagai dapur kantor. Mereka yang WFH sering kali keluar dari kantor rumah dan masuk ke dapur untuk menyeduh secangkir kopi atau makan siang sambil menjawab email.

Penataan dapur yang cocok dengan nuansa kafe akan menjadi semakin populer. Di masa depan, lebih banyak rumah akan memiliki ruang kantor khusus.

Rumah tanpa ruang cadangan yang berfungsi sebagai kantor mungkin akan dirancang fleksibel dan dapat diubah jadi kamar tidur, lemari, dan mungkin juga gudang bawah tangga.

WFH atau bekerja dari rumah juga membuat orang ingin menambah fitur seperti teras atap untuk mondar-mandir saat melakukan panggilan konferensi dan ruang luar yang teduh dan memberikan tampilan menanangkan saat bekerja.

Penutupan taman dan taman bermain di seluruh negara bagian telah memberi banyak orang apresiasi untuk ruangan terbuka di dalam rumah.

Rumah masa depan dari semua ukuran akan dibangun untuk memprioritaskan ruang luar. Karena semakin banyak orang tertarik untuk menanam makanan mereka sendiri di tengah kekurangan toko bahan makanan, rumah pinggiran kota akan menyediakan lebih banyak ruang untuk berkebun di perumahan.

Sekarang, lebih dari sebelumnya, orang mencari keamanan di rumah mereka. Masa depan desain rumah akan menekankan pemisahan antara "rumah" dan "dunia luar".

Jalan masuk dan ruang tempat orang dapat membersihkan diri mereka sendiri dan barang-barang yang mereka bawa ke rumah, kemungkinan akan menjadi fitur baru yang diinginkan.

Desain interior akan mengarah pada kesehatan dan kebersihan yang baik, seperti pilihan ubin putih, perlengkapan porselen, dan peralatan baja tahan karat akan semakin populer.

Pembangun akan berusaha untuk bekerja dengan bahan antimikroba, seperti tembaga, krion dan Richlite.

Teknologi "pintar" yang memantau kualitas udara dan air sudah menjadi lebih populer di kalangan pemilik rumah, tetapi beberapa mungkin berusaha untuk menggabungkan fitur ini lebih cepat, karena pandemi.

Rumah masa depan mungkin juga akan dilengkapi fitur pengenalan suara dan gerakan yang meminimalkan kontak.

Pandemi Pernah Mengubah Tren Desain Rumah


Krisis kesehatan yang pernah terjadi pada masa lalu, seperti flu 1918 dan wabah tuberkulosis, memiliki dampak serupa pada kondisi kehidupan, kata profesor desain berkelanjutan di Sekolah Desain Interior Universitas Ryerson Lloyd Alter.

Selama masa-masa ini, orang dipaksa untuk memikirkan kembali tata letak dan desain rumah mereka, menjadikan ruang mereka lebih sederhana untuk mendukung kebersihan.

Dari "tampilan yang sibuk dan berantakan" dengan wallpaper gelap, Alter mengatakan ruangan akan didesain dengan lebih cerah dan berwarna terang, mengambil "estetika minimal."

Pada pandemi COVID-19 ini, Alter memprediksi, perubahan itu akan terjadi lagi. Dan untuk mengedepankan kebersihan, menurutnya, kamar mandi akan berada di depan rumah.

Rumah akan memiliki ruangan khusus untuk kantor karena para ahli mengatakan kemungkinan kita semua tidak akan kembali bekerja di kantor.

"Saya pikir Anda akan melihat tren universal untuk memiliki semacam ruang di antara pintu dan rumah Anda. Saat Anda masuk, Anda bisa mencuci dan membersihkan diri," ujarnya, seperti dikutip CBC.

Meskipun hal ini sudah dilakukan di banyak rumah pinggiran kota, di mana keluarga memasuki ruang cuci dari garasi, menurutnya itu akan menjadi hal yang biasa di semua ruang keluarga.

Di seluruh rumah, dia mengatakan orang akan menginginkan "permukaan yang lebih bersih," yang berarti tidak ada lagi karpet dari dinding ke dinding dan dapur akan terlihat seperti baja tahan karat, bersih dan rapi.

Mengenai tren baru, Alter mengatakan dia mengantisipasi orang akan terus bekerja dari rumah, menjadikan kantor rumahan sebagai andalan.


Baca juga artikel terkait CORONA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom
DarkLight