Persiapan Holding Perbankan, Direksi Bank BUMN akan Dirombak

Oleh: Hendra Friana - 18 Juli 2019
Kementerian BUMN berencana merombak direksi bank pelat merah dalam rangka persiapan untuk pembentukan Holding BUMN Perbankan.
tirto.id - Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno membenarkan ada rencana perombakan direksi dan komisaris di sejumlah perusahaan milik negara.

Menurut Fajar, rencana itu wajar sebagai bagian dari hasil pengawasan dan evaluasi Kementerian BUMN terhadap setiap perusahaan pelat merah.

"Seperti tahun lalu, [ada] RUPSLB. Evaluasi semester 1, kemudian kalau diperlukan perubahan susunan pengurus, kan belum tentu direksi [dirombak], kan bisa komisaris," kata Fajar saat ditemui di Ruang Komisi VII DPR, Senayan, Jakarta pada Kamis (18/7/2019).


Perombakan hanya akan dilakukan di perusahaan-perusahaan pelat merah yang menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Namun, dia tak memerinci direksi BUMN yang akan dirombak.

"Belum ada keputusan. Kalau tempat saya, cuma Perusahaan Gas Negara [26 April lalu]," ujar Fajar.

Fajar juga membenarkan ada rencana perombakan jajaran direksi dan komisaris Bank pelat merah.

Menurut dia, perombakan itu bukan hanya dalam rangka evaluasi, melainkan juga untuk persiapan pembentukan Holding Perbankan.

Akan tetapi, Fajar mengaku tidak mengetahui bank BUMN mana saja yang jajaran direksi atau komisarisnya akan dirombak oleh Menteri Rini Soemarno.

"Ada [rencana perombakan direksi Bank BUMN), tapi aku enggak tahu [bank mana saja]. Ini untuk kerja sama kelanjutan holding, sub holding. Pengurus perusahaan mungkin perpindahan habis jabatannya karena dia perusahaan terbuka, kan harus lewat RUPS," kata Fajar.


Baca juga artikel terkait HOLDING BUMN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Addi M Idhom
DarkLight