"Di LSI memang kita menang tiga persen dengan total meraih suara 39,10 persen, tetapi tetap saja kita ikuti aturan KPU menunggu hasil pleno dan rasanya saya tidak perlu lah klaim-klaim kemenangan," kata Al Haris dikutip Antara.

Al Haris yang saat ini menjabat Bupati Merangin itu juga mengatakan jika direstui oleh Allah dalam memimpin Jambi dan menang di Pilgub Jambi ini, dia hanya berikhtiar untuk membangun Jambi. Ia mengaku tidak begitu mengejar kekuasaan karena ingin bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Kami bukan mengejar kekuasaan karena kami pasangan Haris-Sani ingin membangun Jambi, karena itu yang penting," kata Al Haris saat menutup pernyataan politiknya atas hitung cepat Pilkada 2020.

Sementara itu hasil akhir hitung cepat berdasarkan lembaga survei quick count Pilgub Jambi paslon nomor 1 Cek Endra-Ratu Munawarah menggungguli dua kandidat lainnya.

"Seperti yang kita lihat bersama bahwa Alhamdulillah unggul," kata Cek Endra dalam konferensi pers di kediamannya..

Cek Endra meminta kepada semua pendukung dan tim tetap tenang sehingga fokus mengawal suara sampai dengan ditetapkanmya hasil resmi oleh KPU Provinsi Jambi.

"Kita tetap menunggu hasil pleno KPU mohon kepada tim semuanya untuk tidak bereforia dengan kemenangan ini jaga pleno pleno tingkat kecamatan dan kabupaten ini tugas kita," katanya.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 Jambi digelar Rabu, 9 Desember 2020. Terdapat 3 calon yang akan memperebutkan kursi gubernur dan wakil gubernur Jambi 2020-2025.


Pasangan nomor urut 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh, pasangan nomor urut 02 Fachrori Umar-Syafril Nursal , dan pasangan nomor urut 03 Al Haris-Abdullah Sani akan berebut kursi gubernur dan wakil gubernur Jambi 2020-2025.

Ketiga pasangan ini mendaftar dan diusung partai politik. Paslon nomor 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh diusung partai PDI Perjuangan, dan Golkar.

Paslon nomor 02 Fachrori Umar-Syafril Nursal diusung partai Gerindra, PPP, Hanura, dan Demokrat. Sementara, paslon 03 Al Haris-Abdullah Sani diusung partai PKB, PAN, dan PKS.

Fachrori adalah petahana yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jambi 2 periode yakni 2010–2015 dan 2016–2018. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Manado. Syafril Nursal adalah Anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).

Sementara itu, Cek Endra adalah Bupati Sarolangun 3 periode yakni 2010—2011, 2011—2016 dan 2017—2012. Cek pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Sarolangun periode 2006—2010. Ratu Munawaroh berasal dari swasta.

Al-Haris adalah Bupati Merangin 2 periode 2013-2018 dan 2018-2023. Pada periode pertama, ia berpasangan dengan Abdul Khafidh. Pada periode kedua, ia berpasangan dengan Mashuri.

Gubernur Jambi saat ini Fachrori mengatakan, Provinsi Jambi mendukung pelaksanaan pilkada serentak 2020, yang harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan memperhatikan keselamatan masyarakat, penyelenggara pilkada dan peserta pilkada.