Perluas Pemasaran, Bulog Jajakan Produk Melalui Pasar Daring

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 22 Jul 2022 20:28 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal menjelaskan, hingga saat ini iPangananDotCom sudah bisa mengirimkan produk berbagai komoditas pangan.
tirto.id - Perum Bulog semakin serius untuk mengembangkan pasar dalam jaringan (daring) alias online melalui iPangananDotCom. Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal menjelaskan, hingga saat ini iPangananDotCom sudah bisa mengirimkan produk berbagai komoditas pangan seperti beras, gula sampai minyak ke 11 kota di Indonesia.

Misalnya ke Jakarta, Tangerang, Bogor, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Solo, Medan dan Makasar.

"Platform ini merupakan bentuk respons kami terhadap perkembangan pasar, karena pasar sekarang tidak hanya fisik tetapi juga e-commerce," kata Awaludin di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2022).

Strategi bisnis yang ditawarkan yaitu menyediakan stok bahan pangan di titik gudang, sehingga tercipta efisiensi waktu proses pengiriman. "Secara nasional omset sebulan Rp700 juta dan Rp 8 miliar per tahun," jelas Awaludin.

Pemasaran iPangananDotCom juga sudah mulai besar, misalnya nilai transasksi di gudang Rice To Rice di Semarang yang menjadi gudang iPangananDotCom mencapai Rp1,4 juta per hari atau sekitar Rp30-24 juta/bulan.

Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Jawa Tengah Sri Muniati menjelaskan, khusus layanan penjualan sembako secara online lewat iPangananDotCom di wilayah Semarang, pihaknya menawarkan beras kualitas premium. Kemudian, merek Befood Slyp Super, Befood Setra Ramos dan Pulen Wangi dan untuk kualitas medium, antara lain merek Tani Makmur dan Nanas Madu.

"Caping Emas Beras Merah, juga beras untuk kesehatan khususnya penanggulangan stunting bermerk Fortivit. Kami ingin menyediakan semua produk yang berkualitas di Bulog," terang dia saat meninjau gudang iPanganDotcom.

Ia menjelaskan harga untuk beras medium dihargai Rp51.500/kemasan dan beras premium dibanderol Rp59.999 - Rp63.999/kemasan.


Baca juga artikel terkait BULOG atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight