Perkembangan Komputer & Tokoh Penting: Bill Gates hingga Steve Jobs

Oleh: Abraham William - 20 April 2021
Dibaca Normal 3 menit
Mengetahui perkembangan komputer di dunia dan tokoh-tokoh penting di dalamnya.
tirto.id - Perkembangan komputer diiringi dengan peradaban manusia yang menggunakan berbagai macam medium dan cara untuk menyampaikan sebuah informasi.

Mulai dari gambar-gambar yang tidak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet.

Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekadar menggambarkan keadaan sekitar sampai menyampaikan kode rahasia antarnegara.

Alat-alat penyampaian informasi selalu berkembang dari setiap periode. Manusia menciptakan suatu sistem dan alat untuk melakukan komunikasi tersebut.

Mengingat pentingnya sistem dan alat tersebut, maka manusia melakukan pengembangan teknologi informasi ini dari waktu ke waktu.

Mulai dari memahat dinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, telepon, hingga internet yang saat ini merupakan kebutuhan bagi kebanyakan manusia.

Informasi yang disampaikan pun berkembang. Teknologi informasi dan komunikasi sudah dimulai sejak zaman pra sejarah.

Bentuk awal komunikasi pada saat itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya, hingga pada akhirnya terciptalah komputer sebagai kesatuan sistem informasi

Menurut Harmayani dalam buku Aplikasi Komputer (2021:3) sebagaimana yang dikatakan oleh Robert H. Blissmer pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah, dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Perkembangan Komputer

Melansir dari Kemendikbud berikut merupakan tahapan perkembangan komputer:

Alat Hitung Tradisional

Bermula dari alat hitung sederhana yaitu dengan ditemukan alat hitung yang dinamakan abacus. Alat hitung ini adalah cikal bakal dari komputer. Alat hitung kuno telah digunakan oleh bangsa Romawi Kuno dan Yunani Kuno.

Alat hitung kalkulator otomatis pertama ditemukan oleh seorang matematikawan, ilmuwan, dan filsuf Perancis yaitu Blaise Pascal pada tahun 1642.

Kalkulator tersebut dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan cara menggunakan seperangkat roda gigi yang saling berhubungan.

Awal Komputer

Pada awal tahun 1670-an, seorang matematikawan Jerman, Gottfried Wilhelm Leibniz, mengembangkan kalkulator yang dibuat oleh Pascal.

Leibniz menambahkan pengaturan roda-roda gigi yang memungkinkan kalkulator melakukan perhitungan perkalian dan pembagian.

Leibniz juga menambahkan sistem bilangan binner (binary numeration), yaitu sebuah sistem perhitungan yang lebih mudah ditangani mesin dibandingkan sistem desimal.

Kemudian Perkembangan komputer terbagi menjadi 5 generasi, yaitu sebagai berikut :

- Komputer Generasi Pertama (1940 s.d. 1959)

Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik.

- Komputer Generasi Kedua (1959 s.d. 1965)

Pada komputer generasi kedua ini yaitu pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.

Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

- Komputer Generasi Ketiga (1965 s.d. 1970)

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

- Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)

Komputer generasi keempat ini sudah mengalami berbagai macam bentuk dan sudah sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:

1. Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration, serta

2. Menggunakan mikroprosesor dan semi konduktor yang berbentu chip untuk memori komputer

Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip miroprocessor.

- Komputer Generasi Kelima

Setelah mengalami berbagai kemajuan maka muncullah Komputer generasi kelima yang kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration).

Tokoh-Tokoh Penting dalam Perkembangan Komputer

Menurut Salbiah dalam buku Fisika Paket C Setara SMA/MA Kelas XII (2020:4) berikut merupakan tokoh-tokoh penting dalam perkembangan komputer di seluruh dunia.

- Charles Babbage

Tokoh pertama yang cukup punya kontribusi besar dalam pengembangan komputer dari masa ke masa ialah Charles Babbage. Dia merupakan seorang matematikawan kelahiran Inggris yang berhasil membangun sebuah mesin yang dikenal dengan Difference Engine.

- Herman Hollerith

Pada tahun 1886, Herman Hollerith sangat besar kontribusinya terhadap pengembangan komputer karena berhasil membangun suatu tabulating machine.

- Ada Augusta Byron

Tokoh yang juga tidak kalah pentingnya dalam pengembangan komputer dari masa ke masa ialah Ada Augusta Byron. Perannya sangat penting karena turut membantu mengembangkan instruksi untuk menjalankan Analytical Engine. Augusta Byron kemudian dijuluki sebagai programmer pertama dunia.

- Thomas Watson

Thomas Watson juga menjadi salah satu tokoh yang punya peranan penting dalam perkembang an komputer dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dia merupakan pemimpin International Business Machines (IBM) di tahun 1924 sampai tahun 1956.

- Bob Noyse dan Gordon Moore

Bob Noyse dan Gordon Moore juga termasuk dalam tokoh utama yang punya kontribusi besar dalam pengembangan komputer di tahun 1968.

- Steven Jobs dan Steve Wozniak

Steven Jobs dan Steve Wozniak juga punya andil besar dalam proses pengembangan komputer. Peran keduanya sangat penting karena dilengkapi dengan keyboard dan layar.

- Bill Gates dan Paul Allen

Dua tokoh lain yang juga tidak kalah pentingnya dalam sejarah perkembangan komputer ialah Bill Gates dan Paul Allen.

- Richard Stallman

Richard Stallman juga menjadi tokoh yang berkontribusi besar tehadap sejarah perkembangan komputer. Dia yang mengawali proyek GNU atau GNU’S Not Unix di tahun 1984.

- Linus Torvalds

Linus Torvalds juga termasuk ke dalam salah satu tokoh yang turut berperan dalam sejarah perkembagan komputer. Di tahun 1991, dia mengembangkan sistem operasi Linux.


Baca juga artikel terkait TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI atau tulisan menarik lainnya Abraham William
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Abraham William
Penulis: Abraham William
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight