Pemilu 2024

Perjalanan Politik TGB hingga Berlabuh ke Perindo

Penulis: - 6 Agu 2022 13:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Perindo merupakan partai keempat yang disinggahi TGB setelah Golkar, Demokrat dan Partai Bulan Bintang.
tirto.id - Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi bergabung ke Partai Perindo. Ia dilantik menjadi Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo pada hari ini, Sabtu (6/8/2022).

"Iya, Insyallah, (sebagai) Ketua Harian Nasional DPP Perindo," kata TGB dikutip dari Antara.

TGB mengaku memiliki kesamaan visi dengan Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

"Kalau bicara saya dengan beliau (Hary Tanoesoedibjo), bicara soal gagasan dan visi. Memang ada beberapa hal mendasar, ada kesamaan, tentu melihat bahwa kemajemukan itu harus kita jaga betul karena kemajemukan adalah perekat kita sebagai anak-anak bangsa," tuturnya.

TGB dan Hary Tanoe mengaku menghormati keragaman umat beragama yang tumbuh di Indonesia. Salah satu cara mewujudkan kerukunan ialah menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Ketiga, ikhtiar-ikhtiar politik itu harus dinyatakan pada kesejahteraan masyarakat. Ini beberapa hal di antara banyak hal yang saya punya kesamaan dengan beliau, tentang kemajemukan moderasi beragama, dan kerja politik muaranya jelas, tidak hanya hiruk pikuk, tetapi ada kebijakan dan strategi hadirkan kesejahteraan," jelasnya.

TGB juga mengaku sudah mundur dari Partai Golkar.

"Saya sudah sampaikan beberapa waktu lalu kepada Pak Ketum Golkar. Saya sudah lama tidak aktif di Partai Golkar dan beberapa waktu lalu sudah saya sampaikan kepada Pak Ketua Golkar," ucapnya.

Perjalanan Politik TGB

Berdasarkan catatan Tirto, Perindo merupakan partai keempat yang disinggahi TGB. Sebelumnya, pada 2018, ia pernah menjadi anggota Partai Golkar dan menduduki jabatan sebagai Ketua DPP Bidang Keumatan.

Sebelum bergabung ke Golkar, TGB telah lebih dahulu menjadi kader Partai Demokrat. Alumni Universitas Al-Azhar Kairo itu juga pernah menjadi anggota Partai Bulan Bintang (PBB).

Pada Pilpres 2019, TGB merupakan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ia juga menempati posisi sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk.


Baca juga artikel terkait TGB ZAINUL MAJDI atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight