Perjalanan Karier Taemin SHINee yang Berulang Tahun 18 Juli

Oleh: Nuraini Ika - 18 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Taemin pertama debut bersama group Kpop, SHINee lewat mini album Replay di bawah naungan agensi SM Entertainment pada 25 Mei 2008.
tirto.id - Taemin SHINee , lamerayakan ulang tahun ke-27 pada 18 Juli 2020.Ia aktif di dunia hiburan sejak umur 14 tahun. Taemin berkecimpung di dunia musik selama dua belas tahun, sejak 2008 hingga sekarang.

Taemin pertama debut bersama group Kpop, SHINee lewat mini album Replay di bawah naungan agensi SM Entertainment pada 25 Mei 2008.

SHINee mendapat sambutan hangat bagi para pecinta musik Kpop. Lagu-lagu yang dibawakan SHINee meledak di pasaran di antaranya "Hello", "Amigo", "Lucifer", "Juliette", dan "Ring Ding Dong".

Grup ini telah memenangkan berbagai penghargaan setelah seperti HOT New Star Award oleh M.net 20s Choice Awards 2008, New Artist Award di Golden Disc Awards 2008, posisi teratas Thai MTV International Chart 2009 dengan lagunya "Amigo", hingga Record Main Award 29th Samsung Galaxy Golden Disc 2013.

Sukses berkarier bersama SHINee, Taemin mulai debut sebagai penyanyi solo lewat mini album bertajuk Ace dengan lagu utama “Danger” pada Agustus 2014.

Selang dua tahun setelah debut solo, Taemin mengeluarkan full album pertamanya bertajuk Press It pada Februari 2016. Album ini memiliki sepuluh track lagu dengan lagu utamanya “Press Your Number”. Dalam proses produksi lagu “Press Your Number,” Taemin menggandeng penyayi popular Amerika, Bruno Mars.

Selain aktif di Korea Selatan, Taemin juga mengembangkan sayapnya di dunia musik Jepang. Pada Juli 2016, vokalis utama SHINee ini melangsungkan debut Jepang lewat mini album Solitary Goodbye.

Selama perjalanan karier solonya di dunia musik, pemilik nama asli Lee Taemin ini setidaknya telah menelurkan 5 mini album, 3 studio album, 13 single, 5 sountrack, 4 video album, dan 12 musik video (MV).

Pada 24 Februari 2019 lalu, Taemin menyapa penggemar lewat mini album bertema WANT yang terdiri dari tujuh lagu di antaranya “WANT (tittle track)”, “Artistic Groove”, “Shadow”, “Truth”, “Never Forever”, “Monolog”, dan “WANT Outro”.

Sehari setelah dirilisnya album tersebut, tepatnya pada Selasa (12/2/2019) media Naver (12/2/2019) mewartakan, lagu "WANT" Taemin merajai tangga lagu iTunes dunia nomor 1 di 29 negara.

Membahas kisah di balik kesuksesan albumnya, Taemin menjelaskan lagu “WANT” merupakan lanjutan dari lagu “MOVE” yang ia rilis pada 2017. “MOVE” merupakan lagu yang lebih tenang, dan “WANT” ia buat sebagai lagu yang lebih berdinamika.

Selain aktif sebagai penyanyi, Taemin juga kerap tampil dalam sederet drama Korea seperti Hilarious Housewives (2009), High Kick! 3 (2011), Salamander Guru and The Shadow Operation Team (2012), Dating Agency: Cyrano (2013), Final Life (2017).

Pada 4 Oktober 2014, terkenal sebagai vokalis SHINee, Taemin kembali debut dan menjadi bagian dari anggota boy group baru SM Entertainment, yaitu SuperM bersama Mark, Lucas, Ten dan Taeyong dari NCT, serta Baekhyun dan Kai EXO.

SuperM menarik perhatian publik lantaran beranggotakan tujuh personel dari boy group SM yang sebelumnya telah debut dan telah meraih ketenaran global.

Kata “Super” sendiri mengacu pada sinergi yang mengesankan dari para anggotanya, sementara huruf “M” adalah singkatan dari Matrix dan Master.

Pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man disebut akan turun tangan langsung terkait produksi lagu-lagu SuperM, dan tim ini berfokus melakukan promosi di dua wilayah yakni Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Taemin awalnya dijadwalkan akan melakukan comeback solo pada Juli 2020, namun perilisan lagu terbarunya ditunda karena Taemin dikabarkan mengalami cidere pada pergelangan tangan saat sedang latihan tarian untuk lagu terbarunya.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yantina Debora
DarkLight