Perjalanan Karier Kim Heechul SUJU, dari Boy Band Hingga MC

Oleh: Syarifah Aini - 3 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kim Hee Chul memulai kariernya di industri musik K-Pop dengan bergabung bersama SUJU pada 2002.
tirto.id - Kim Heechul atau Heecul adalah salah satu personel boy band asal Korea Selatan, Super Junior (SUJU) dan subgrupnya, Super Junior-T. Ia memiliki nama panggilan "Heenim" yang diberikan oleh para penggemarnya dan juga media.

Heecul lahir di Ucheon-myeon, Hoengseong-gun, Korea Selatan pada 10 Juli 1983. Ia mengawali kariernya di industri hiburan sejak 2002 melalui sebuah audisi terbuka yaitu Starlight Casting System.

Meskipun sempat terlambat datang, ia tetap diberikan kesempatan untuk tampil karena panitia tertarik dengan paras tampannya.

Dilansir dari Top Star , kala itu Heechul memilih untuk menyanyikan lagu nasional Korea dan seketika itu ia dinyatakan lolos audisi.

Menyambut keberhasilannya dalam audisi tersebut, ia lalu menandatangani kontrak dengan SM Entertainment dan memulai masa traineenya.

Debut sebagai Personel Super Junior


Tiga tahun setetah melewati masa trainee, Kim Heechul resmi memulai debutnya sebagai penyanyi pada 2005 bersama 11 member lainnya dengan nama Super Junior.

Kesebelas member tersebut adalah Leeteuk, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum.

Satu tahun setelahnya, Kyuhyun lantas tergabung menjadi anggota ke-13 bersama SUJU.

Dalam perjalanannya, tiga member SUJU yaitu Kangin, Hangeng, dan Kibum memutuskan untuk keluar. Namun, Heechul bersama member lainnya tetap bertahan hingga sukses mempopulerkan sejumlah lagu seperti "Sorry-Sorry", "Bonamana" hingga "Mr. Simple".

Single "Sorry-Sorry" dan Pengakuan Internasional

Empat tahun pascadebut, Heechul bersama SUJU sukses menarik perhatian dunia melalui lagu populer mereka bertajuk "Sorry-Sorry".

Laman Osen pada April 2009 melaporkan, lagu tersebut telah berhasil merajai tangga lagu nasional dan internasional.

Tak hanya itu, "Sorry-Sorry" juga berhasil meraih 10 tropi kemenangan selama 10 minggu berturut-turut di Korea serta berhasil membawa pulang piala Golden Disk Award ke-24 termasuk penghargaan Disk Daesang atau Record of The Year.

Karier MC hingga Raih "Excellent Award"

Tak lama usai kepopuleran SUJU di kancah internasional, Heechul lalu melebarkan kariernya di dunia MC melalui program Radio Star di tahun 2010.

Ia juga MC di program varietas popular lainnya seperti Knowing Brother dan Weekly Idol da berhasil menyabet penghargaan "Excellent Award". Demikian sebagaimana dilansir dari SBS News.

Debut sebagai Penyanyi Solo

Sukses dengan kariernya sebagai MC, pada 2019 Heechul memulai debutnya sebagai penyanyi solo melalui lagu berjudul "Old Movie".

Dilansir dari Munwha, tak berapa lama usai dirilis, "Old Movie" berhasil menduduki tangga lagu musik dunia di 7 negara.

Pada tahun yang sama, ia juga tercatat menjadi pemain tetap dari jajaran program varietas Korea mulai dari Knowing Brother, My Little Old Boy, Why Did You Come To My House?, A Man Who Feeds The Dog hingga Delicious Rendezvous.

Sementara itu, pada 2020, Heechul semakin melebarkan sayap solo kariernya dengan membintangi beberapa program TV di antaranya in "Studio Music Hall", "Love of 7.7 Billion", "20th Century Hit Song", hingga "High School Style Icon".

Pada 10 Juli mendatang, Heecul diketahui akan merayakan ulang tahunnya yang ke-37.


Baca juga artikel terkait PRFIL KIM HEECHUL atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight