Peringatan Hari Anak Nasional 2019 Digelar di Makassar

Oleh: Balqis Fallahnda - 23 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Forum Anak Nasional 2019 digelar di Makassar dengan tema "Kita Beda, Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju".
tirto.id - Hari anak Internasional diperingati setiap 23 Juli di seluruh dunia. Indonesia juga tidak ketinggalan untuk merayakannya.

Salah satu acara yang rutin diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari anak adalah Forum Anak Nasional.

Forum Anak Nasional merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Anak Nasional, dan tahun ini digelar di Makassar dengan tema "Satu Dekade Forum Anak Nasional: Kita Beda, Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju".

Forum ini diikuti oleh 622 peserta, dengan komposisi 428 anak dari Forum Anak kabupaten/kota di seluruh Indonesia, 68 orang pendamping, 70 fasilitator, dan 50 orang panitia.

Selain Forum Anak Nasional, rangkaian acara lainnya adalah Puncak Peringatan Hari Anak Nasional dan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise kemarin malam (22/07) menghadiri acara penutupan Forum Anak Nasional 2019 di Benteng Rotterdam, Makasar, Sulawesi Selatan.

Dalam acara tersebut Yohana mengatakan Forum Anak merupakan wadah untuk mempersiapkan anak untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

"Kalian adalah agen perubahan. Masa depan ada di tangan kalian. Forum Anak adalah wadah latihan bagi kalian untuk nanti menjadi pemimpin," kata Yohana.

Karena itu, Yohana meminta agar para peserta Forum Anak Nasional yang berasal dari seluruh Indonesia memanfaatkan ilmu yang diterima dan dipelajari selama mengikuti Forum Anak Nasional 2019 dengan baik.

Dia juga berpesan agar para peserta dapat menyebarluaskan ilmu yang mereka dapat kepada teman-temannya di daerah masing-masing.

"Gunakan waktu sebaik-baiknya. Kalian adalah generasi emas bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

Penutupan Forum Anak Nasional 2019 juga dihadiri Menteri Keluarga, Ketenagakerjaan dan Layanan Sosial Turki Zehra Zumrut Selcuk.

Dalam salah satu sambutannya, Zehra menghimbau untuk mempersiapkan dan memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak, karena menurutnya anak-anak adalah masa depan umat manusia.

"Anak-anak adalah masa depan kita. Kita perlu mempersiapkan dan mendidik anak-anak kita. Sebagai pemerintah kita harus memajukan anak karena mereka adalah tujuan kita," katanya.


Baca juga artikel terkait HARI ANAK NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight