Periksa 65 Orang Jakmania, Polisi Belum Temukan Ajakan Konvoi

Oleh: Adi Briantika - 26 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Polisi menyimpulkan kerumunan massa Jakmania adalah spontanitas dan tanpa ada yang menggerakkan.
tirto.id - Polda Metro Jaya membubarkan The Jakmania, suporter klub Persija Jakarta dalam konvoi kemenangan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Dalam pembubaran hingga pukul 3 pagi, Senin (26/4), sebanyak 65 orang ditangkap polisi untuk dimintai keterangannya.

"Ada 65 orang kami amankan. Dari 65 orang ini ada 52 [pria] dewasa, 12 anak, dan 1 perempuan dewasa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (26/4/2021).

Kemudian polisi memeriksa mereka, hasilnya tidak ditemukan ajakan untuk konvoi yang menyebabkan kerumunan massa di masa pandemi COVID-19. Simpulan sementara dari pihak kepolisian, bahwa kerumunan massa tersebut adalah spontanitas para suporter tanpa ada yang menggerakkan.

"Mereka secara spontanitas. Mereka berkumpul karena memang dianggap bahwa Bundaran HI itu adalah ikonnya Persija, setiap ada kemenangan mereka akan berkumpul di sana. Itu menurut keterangannya," sambung Yusri.

Ke-65 orang itu dites kesehatan, hasilnya semuanya dinyatakan negatif COVID-19.

Usai diperiksa, mereka dipulangkan bergilir. Polisi kini masih menelusuri media sosial para pendukung Persija. Untuk mengetahui apakah ada pihak yang mengajak massa untuk berkonvoi dan berkerumun. Yusri menyatakan, penyidik akan memanggil pengurus Jakmania untuk pemeriksaan.

"Kami masih dalami lagi, termasuk apakah mungkin ada ajakan [berkumpul] melalui media sosial. Masih diprofilkan oleh Tim Siber," ucap Yusri.

Persija Jakarta mampu memenuhi ambisinya menjuarai turnamen sepak bola Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1 dalam pertandingan final leg kedua di Stadion Manahan Solo, Minggu malam.

Hasil ini melengkapi kemenangan 2-0 yang diraih Persija atas Persib pada leg pertama. Secara keseluruhan, 'Macan Kemayoran' unggul skor 4-1 atas 'Maung Bandung'.



Baca juga artikel terkait THE JAKMANIA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto
DarkLight