Perbedaan Samsung S20 FE dan Galaxy S20, Harga Terpaut Rp4 Jutaan

Oleh: Ibnu Azis - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Samsung S20 FE vs Galaxy S20: harga selisih Rp4,5 juta (128GB), bagaimana soal spesifikasi dan fitur dua ponsel Galaxy ini?
tirto.id - Samsung S20 FE sebagai ponsel Galaxy premium juga usung sejumlah fitur flagshig yang dijumpai di Galaxy S20. Namun harga versi reguler lebih mahal.

Ide dari kelahiran Samsung S20 FE adalah feedback penggemar. Samsung mewujudkannya melalui sebuah perangkat dengan tagline "edisi penggemar".

"Kami terus berbicara kepada penggemar kami dan menerima umpan balik, dan kami mendengar apa yang paling mereka sukai dari seri Galaxy S20 kami," kata Samsung dalam siaran pers perusahaan.

Oleh karenanya maka tak heran bila Samsung S20 FE juga tersemat fitur-fitur flagship khas Galaxy S20. Ini yang fans inginkan.

Adapun ragam fitur itu seperti kamera single shot, wireless charging, reverse wireless charging, refresh rate layar 120Hz, sound AKG, sensor sidik jari di layar hingga ketahanan terhadap air serta debu (IP68).

Yang jadi persoalan adalah selisih harga di antara keduanya. Jika Samsung S20 FE dibanderol seharga Rp9,999 juta, Galaxy S20 dipasarkan seharga Rp14,499 juta.

Dengan harga terpaut Rp4,5 juta, apa yang tidak dimiliki Samsung S20 FE tapi dijumpai di Galaxy S20? Berikut ini ulasannya.


Pada bodi dan desain, Galaxy S20 sudah dilapisi kaca (Gorilla Glass 6) pada bagian depan dan belakang. Sementara Samsung S20 FE masih polycarbonate meski bagian depannya juga kaca (Gorilla Glass 3).

Soal layar, kedua perangkat sudah pakai tipe AMOLED. Namun Galaxy S20 punya resolusi lebih tinggi (1.440 x 3.200 piksel) dan piksel per inci lebih tajam (563 ppi). Kaca pelindung bagian depannya pun juga punya seri lebih tinggi.

Beralih ke kamera, Galaxy S20 lagi-lagi unggul tapi untuk kamera belakang. Lensa utamanya lebih baik sebesar 64MP dengan fitur hybird zoom. Sementara untuk kamera selfie "adiknya" lebih baik dengan lensa 32MP.

Soal baterai, Samsung S20 FE sebenarnya lebih unggul lantaran tertanam kapasitas lebih besar yaitu 4.500mAh. Akan tetapi, Galaxy S20 yang hanya dibekali kapasitas 4.000mAh didukung fitur fast charging 25W atau punya daya lebih besar.

Di luar spesifikasi yang telah disebutkan di atas, baik Samsung S20 FE maupun Galaxy S20 usung spesifikasi setara, seperti chipset Exynos 990, microSD hingga 1TB, software Android 10 dengan antarmuka One UI 2.5 termasuk NFC.


Ponsel yang tersedia dalam pilihan warna Cloud Navy, Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Red, Cloud White, dan Cloud Orange ini jadi keluarga baru lini Galaxy S20 selain seri S20 reguler, S20+, S20 Ultra, dan S20+ BTS Edition.

Bagi fans Samsung yang ingin mencicipi flagship tapi terkendala dengan bujet, Galaxy S20 FE bisa jadi opsi terbaik. Selain bisa menghemat bujet Rp4 jutaan, toh Samsung S20 FE juga memiliki ragam fitur flagship khas seri S20.

Selain itu, Samsung dengan Galaxy S20 FE seakan ingin mengatakan bahwa flagship mereka kini bisa menjangkau "siapa saja" atau lebih banyak konsumen. Oleh karenanya harga Samsung S20 FE pun lebih miring.

Lagi pula, Samsung tidak begitu "kejam" memangkas spesifikasi Galaxy S20 FE untuk terlihat lebih "rendah" dari seri Galaxy S20 lainnya. Perlakuan ini berbeda dibandingkan dengan seri "ringan" atau Lite dari Galaxy S10 dan Galaxy Note 10.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG S20 FE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight