Perbedaan Redmi 7A dan Xiaomi 6A yang Dijual dengan Harga Identik

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 6 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Spesifikasi Redmi 7A dan Xiaomi 6A berbeda meski dua smartphone ini dijual dengan harga identik, Rp1.299.000 untuk varian 2GB + 16GB.
tirto.id - Xiaomi baru saja merilis Redmi 7A, penerus Redmi 6A, yang ditawarkan ke konsumen dengan harga Rp1.299.000 (2GB + 16GB). Menariknya, harga yang dibanderol identik dengan pendahulunya untuk varian yang sama. Lantas apa yang berbeda dari dua smartphone penjaga gawang lini entry-level Xiaomi ini?

Apabila berkaca dari spesifikasi yang ditawarkan masing-masing perangkat, ada lima perbedaan mencolok, yaitu dari sektor desain, sistem operasi, performa, kamera, dan baterai. Berikut ini perbedaan spesifikasi antara Redmi 7A dengan Redmi 6A.

Desain

Sekilas, Redmi 7A dan Redmi 6A mengusung konsep desain sama dengan bezel atas dan bawah yang agak tebal. Bezel depan Redmi 7A berwarna hitam dengan logo Redmi pada bagian bawahnya. Casing belakangnya tidak ada garis di bagian atas dan bawahnya.

Sedangkan Redmi 6A menggunakan bezel berwarna putih tanpa kehadiran logo Redmi. Sementara pada sisi belakang, kamera tersusun secara vertikal dan terdapat garis pada sisi atas dan bawah casing belakangnya.

Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 7A menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI kaya fitur. Sedangkan Redmi 6A menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI. Redmi 6A dilaporkan akan mendapatkan upgrade ke Android 9.0 Pie.

Performa

Xiaomi Redmi 7A menawarkan performa lebih kencang dengan chipset Snapdragon 439 berkonsep octa-core kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan dengan RAM sebesar 2GB. Kemampuan ponsel ini untuk bermain game cukup baik berkat dukungan GPU Adreno 505.

Sedangkan Redmi 6A ditunjang chipset MediaTek Helio A22 berkonsep quad-core kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan dengan RAM sebesar 2GB. Sementara untuk kartu grafisnya menggunakan PowerVR Rogue GE8320.

Kamera

Xiaomi Redmi 7A diperkuat kamera belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel, lensa bukaan f/2.2, dan dilengkapi fitur PDAF. Adapun kamera depan berkekuatan 5MP dan dipadukan dengan lensa aperture f/2.2.

Sedangkan Redmi 7A mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel, lensa bukaan f/2.2, dan juga dilengkapi fitur PDAF. Kamera depannya berkekuatan 5MP dengan lensa aperture f/2.2.

Baterai

Xiaomi Redmi 7A tertanam baterai berkapasitas 4.000mAh, sedangkan Redmi 6A hanya disokong baterai 3.000mAh.

Dengan perbandingan di atas, Redmi 7A layak dibeli lantaran menawarkan spesifikasi lebih tinggi dari Redmi 6A meski dua perangkat ini dijual dengan harga identik, Rp1.299.000.

Sebagai informasi, Redmi 6A lebih dulu dipasarkan di Indonesia pada bulan September 2018, sedangkan Redmi 7A diperkenalkan di Tanah Air pada hari ini, Selasa, 6 Agutus 2019.

Redmi 7A sendiri saat dijual cepat (flash sale) di Lazada dan Mi.com pada 13 Agustus mendatang ditawarkan ke konsumen dengan harga spesial, yakni hanya Rp1.199.000.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight